Strategi Konten Kreatif untuk Membangun Kesadaran SDGs: Studi pada Pengikut Instagram Bakrie Center Foundation
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11812Keywords:
Konten Kreatif, Bakrie Center Foundation, SDGs, Kesadaran, Media Sosial, Komunikasi DigitalAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji pengaruh konten kreatif pada akun Instagram Bakrie Center Foundation terhadap kesadaran audiens mengenai Sustainable Development Goals (SDGs). Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh konten edukatif, informatif, menghibur, dan membangun kepercayaan yang disajikan melalui media sosial terhadap peningkatan kesadaran masyarakat tentang isu-isu keberlanjutan. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria pengikut aktif akun Instagram BCF yang telah terpapar konten SDGs. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kreatif yang disampaikan oleh Bakrie Center Foundation berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran audiens terhadap SDGs. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi organisasi non-profit dan pelaku komunikasi digital dalam merancang strategi konten yang lebih efektif dan berdampak dalam mengedukasi masyarakat melalui media sosial.
ABSTRACT
This study examines the influence of creative content on the Instagram account of Bakrie Center Foundation (BCF) on audience awareness of the Sustainable Development Goals (SDGs). Using a quantitative approach, the research aims to analyze the extent to which educational, informative, entertaining, and trust-building content shared through social media affects public awareness of sustainability issues. The study involved 100 respondents selected through purposive sampling, targeting active followers of BCF's Instagram account who have been exposed to SDG-related content. Data were collected using an online questionnaire and analyzed using simple linear regression. The findings indicate that creative content delivered by Bakrie Center Foundation has a significant influence on increasing audience awareness of the SDGs. These results are expected to provide valuable insights for non-profit organizations and digital communication practitioners in designing more impactful and effective educational strategies through social media.
References
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.
Dyanasari, R. (2025). Promosi Gratis Lewat Instagram: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374-386). Routledge.
Kurnia, J. M., & Huwae, G. N. (2024). Strategi Komunikasi Government Relations Pemkot Dalam Usaha Branding Salatiga Sebagai Kota Gastronomi. Jurnal Selasar Kpi: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 4(2), 109-131.
McQuail, D. (2010). McQuail's mass communication theory. Sage publications.
Moenawar, M. G., Priatna, W. B., & Santoso, H. (2019). Consciousness raising dan partisipasi politik suku baduy di era digital (tinjauan awal). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 69-80.
Novieastari, E., Pujasari, H., Abdul Rahman, L. O., Ganefianty, A., & Rerung, M. P. (2022). Knowledge, perception, and awareness about Sustainable Development Goals (SDGs) among students of a public university in Indonesia. International Journal of Health Promotion and Education, 60(4), 195-203.
Parini, P., Fauziah, R., Ramadhani, A., & Masitha, N. (2024). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Pembuatan Konten Kreatif (Photography, Audio Dan Vidio Editing) Pada Media Sosial. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(1), 106-110.
Riana, N., Triany, N. A., Tamtomo, T., Muksin, N. N., Sari, P. A., Gafallo, M. F. Y., ... & Judijanto, L. (2024). Komunikasi Publik: Panduan Praktis untuk Sukses dalam Berkomunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saepudiqri, S., & Pranata, R. T. H. (2024). Implementation of continuity editing in making CDA IPB University Profile Videos. The International Journal of Politics and Sociology Research, 12(3), 189-199.
Setiawan, A., Al Fawaz, A. H. S., & Ilmi, R. M. (2024). Instagram Sebagai Sarana Dakwah Kreatif untuk Merangkul Generasi Muda di Madrasah. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 403-411.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Restu Putra Madestan, Hudi Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.