Strategi Konten Kreatif untuk Membangun Kesadaran SDGs: Studi pada Pengikut Instagram Bakrie Center Foundation

Authors

  • Restu Putra Madestan Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Hudi Santoso Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11812

Keywords:

Konten Kreatif, Bakrie Center Foundation, SDGs, Kesadaran, Media Sosial, Komunikasi Digital

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

< strong>Penelitian ini mengkaji pengaruh konten kreatif pada akun Instagram Bakrie Center Foundation terhadap kesadaran audiens mengenai Sustainable Development Goals SDGs Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh konten edukatif informatif menghibur dan membangun kepercayaan yang disajikan melalui media sosial terhadap peningkatan kesadaran masyarakat tentang isu isu keberlanjutan Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pengikut aktif akun Instagram BCF yang telah terpapar konten SDGs Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kreatif yang disampaikan oleh Bakrie Center Foundation berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran audiens terhadap SDGs Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi organisasi non profit dan pelaku komunikasi digital dalam merancang strategi konten yang lebih efektif dan berdampak dalam mengedukasi masyarakat melalui media sosial < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study examines the influence of creative content on the Instagram account of Bakrie Center Foundation BCF on audience awareness of the Sustainable Development Goals SDGs Using a quantitative approach the research aims to analyze the extent to which educational informative entertaining and trust building content shared through social media affects public awareness of sustainability issues The study involved 100 respondents selected through purposive sampling targeting active followers of BCF s Instagram account who have been exposed to SDG related content Data were collected using an online questionnaire and analyzed using simple linear regression The findings indicate that creative content delivered by Bakrie Center Foundation has a significant influence on increasing audience awareness of the SDGs These results are expected to provide valuable insights for non profit organizations and digital communication practitioners in designing more impactful and effective educational strategies through social media < em>< p>

References

Budiaji W 2013 Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert Jurnal ilmu pertanian dan perikanan 2 2 127 133

Dyanasari R 2025 Promosi Gratis Lewat Instagram: Diandra Kreatif Diandra Kreatif

Freire P 2020 Pedagogy of the oppressed In Toward a sociology of education pp 374 386 Routledge

Kurnia J M Huwae G N 2024 Strategi Komunikasi Government Relations Pemkot Dalam Usaha Branding Salatiga Sebagai Kota Gastronomi Jurnal Selasar Kpi: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah 4 2 109 131

McQuail D 2010 McQuail s mass communication theory Sage publications

Moenawar M G Priatna W B Santoso H 2019 Consciousness raising dan partisipasi politik suku baduy di era digital tinjauan awal Jurnal Komunikasi Pembangunan 17 1 69 80

Novieastari E Pujasari H Abdul Rahman L O Ganefianty A Rerung M P 2022 Knowledge perception and awareness about Sustainable Development Goals SDGs among students of a public university in Indonesia International Journal of Health Promotion and Education 60 4 195 203

Parini P Fauziah R Ramadhani A Masitha N 2024 Pelatihan Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Pembuatan Konten Kreatif Photography Audio Dan Vidio Editing Pada Media Sosial Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat 4 1 106 110

Riana N Triany N A Tamtomo T Muksin N N Sari P A Gafallo M F Y Judijanto L 2024 Komunikasi Publik: Panduan Praktis untuk Sukses dalam Berkomunikasi PT Sonpedia Publishing Indonesia

Saepudiqri S Pranata R T H 2024 Implementation of continuity editing in making CDA IPB University Profile Videos The International Journal of Politics and Sociology Research 12 3 189 199

Setiawan A Al Fawaz A H S Ilmi R M 2024 Instagram Sebagai Sarana Dakwah Kreatif untuk Merangkul Generasi Muda di Madrasah Indonesian Research Journal on Education 4 3 403 411

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Strategi Konten Kreatif untuk Membangun Kesadaran SDGs: Studi pada Pengikut Instagram Bakrie Center Foundation. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 363 373. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11812