Strategi Peningkatan Efektivitas Akun Instagram @beacukaibogor dalam Penyampaian Informasi Kepabeanan dan Cukai

Authors

  • Haza Liz Indry Bachtiar Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Abung Supama Wijaya Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11814

Keywords:

strategi peningkatan, instagram, humas

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi efektivitas akun instagram Bea Cukai Bogor dalam penyampaian informasi kepabeanan dan cukai. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi Pustaka, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori asumsi uses and gratification. Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis faktor yang memengaruhi efektivitas media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas akun instagram bea cukai bogor dalam menjangkau dan memberikan pemahaman kepada publik mengenai informasi kepabeanan dan cukai, mengidentifikasi faktor faktor yang memengaruhi efektivitas akun instagram bea cukai bogor sebagai media informasi kepabeanan dan cukai, memberikan rekomendasi strategi peningkatan efektivitas akun instagram bea cukai bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun instagram bea cukai bogor sudah efektif dalam menjangkau dan memberikan pemahaman kepada publik mengenai informasi kepabeanan dan cukai, namun masih perlu adanya evaluasi terhadap tema, format konten, maupun waktu publikasi agar tidak ada ketimpangan atau perbedaan engagement yang sangat siginifikan pada akun instagram Bea Cukai Bogor. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan strategi sangat diperlukan untuk efektivitas akun instagram agar informasi dapat tersampaikan dengan baik dan memenuhi kebutuhan khalayak.

ABSTRACT

This study aims to improve the effectiveness strategy of the Bogor Customs Instagram account in delivering information on customs and excise. This research uses a qualitative descriptive method with data collection techniques including in-depth interviews, observation, literature study, and documentation. The theory used is the Uses and Gratifications theory. In addition, this study also analyzes factors influencing the effectiveness of social media. The objectives of this research are to Analyze the effectiveness of the Bogor Customs Instagram account in reaching and providing public understanding of customs and excise information, Identify the factors that influence the effectiveness of the Instagram account as an informational media on customs and excise, provide strategic recommendations to enhance the effectiveness of the Bogor Customs Instagram account. The results show that the Instagram account of Bogor Customs has been effective in reaching and educating the public about customs and excise information. However, it still requires evaluation of content themes, formats, and publication timing to avoid disparities or significantly unequal engagement across its posts. It can be concluded that strategy enhancement is crucial to ensure the effectiveness of the Instagram account, so that information can be communicated properly and meet audience needs.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62.

Anggraini, P., & Cindoswari, A. R. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Diskominfo Kota Batam Sebagai Alat Untuk Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Scienta Journal, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(4), 47–54.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Arifin, R. M. F. (2022). Aplikasi Teori Uses and Gratifications Pada Media Sosial Instagram di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 123–135.

Maghfiroh, D. F., Ekantoro, J., & Fadeli, M. (2024). Pemanfaatan Instagram @ halal . indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness Lembaga Sertifikasi Halal. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 151–169.

Maharani, V. E., & Djuwita, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. E-Proceeding of Management, 7(2), 4566–4574.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data (T. Multazam (ed.); Pertama). UMSIDA Press.

Nirwana, D. A., & Khuntari, D. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Pada @ Celyne . Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 82–91.

Pariasih, E. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Media Sosialisasi Digital Kementrian Pertanian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(5), 1007–1016.

Putri, Y. D., & Sutarjo, M. A. S. (2023). Strategi Humas Pemerintahan Kota Bandung dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humas_bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3198–3205.

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.

Rahmawati, D., & Sakti Hadiwijoyo, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram @Info.Salatiga Sebagai Media Informasi Online Di Kota Salatiga. Jurnal Impresi Indonesia, 2(11), 1066–1074.

Repi, Y. M., Wonggo, D., & Liando, O. E. S. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 773.

Romlah, S. (2021). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ( Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–13.

Saputra, F. B., Syalsabila, A., & Fadhillah, Y. (2023). Peran Sosial Media Instagram Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Perusahaan Mangkok. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 66–77.

Setyaningsih, P. N., Suadnya, W., & Fajarica, S. D. (2019). Manajemen Konten Media Sosial Instagram pada BKKBN Provinsi NTB sebagai Strategi Humas dalam Membangun Brand Awareness. Journal Of Media and Communication Science) 1 Diterbitkan Oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, 3(1), 1–11.

Wijaya, A. S., Sarwoprasodjo, S., & Febrina, D. (2019). Cyber Extension: Penggunaan Media dan Kelancaran Pencarian Informasi di Kalangan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 114–123.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Bachtiar, . H. L. I. ., & Wijaya, A. S. . (2025). Strategi Peningkatan Efektivitas Akun Instagram @beacukaibogor dalam Penyampaian Informasi Kepabeanan dan Cukai. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 374-387. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11814