Pengaruh Copywriting pada Website Halodoc Terhadap Minat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11815Keywords:
Copywriting, minat beli, websiteAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh copywriting pada website Halodoc terhadap minat beli konsumen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif situs Halodoc. Kuesioner ini dirancang untuk mengukur elemen-elemen copywriting, seperti gaya bahasa, kejelasan informasi, dan daya tarik emosional, serta dampaknya terhadap minat beli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas copywriting dan minat beli konsumen, dimana responden yang merasakan copywriting cenderung lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Penelitian ini juga menemukan bahwa gaya bahasa yang persuasif dan informasi yang jelas sangat berpengaruh dalam membangun kepercayaan konsumen. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa copywriting yang efektif tidak hanya meningkatkan daya tarik situs, tetapi juga berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan minat beli. Oleh karena itu, Halodoc perlu terus mengembangkan strategi copywriting yang sesuai untuk memaksimalkan potensi penjualan dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi praktisi pemasaran digital dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan efektif.
ABSTRACT
Write an abstract in English, summarizing the article. The abstract should be one paragraph long and consist of no more than 250 words. It should include background, objectives, methodology, results, and conclusions. This study aims to analyze the influence of copywriting on the Halodoc website on consumer purchasing interest. The method used is quantitative by distributing questionnaires to 100 respondents who are active users of the Halodoc site. This questionnaire is designed to measure copywriting elements, such as language style, clarity of information, and emotional appeal, and their impact on purchasing interest. The results of the data analysis show that there is a positive and significant relationship between copywriting quality and consumer purchasing interest, where respondents who feel copywriting tend to be more interested in making purchases. This study also found that persuasive language style and clear information have a significant effect on building consumer trust. The conclusion of this study confirms that effective copywriting not only increases the attractiveness of the site but also contributes directly to increasing purchasing interest. Therefore, Halodoc needs
References
Andrianof, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Promosi dan Penjualan pada Toko Ruminansia Berbasis Web. JURNAL PTI (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 11–19.
APJII. (2021). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Survey 2021.
Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Anak Hebat Indonesia.
Dewi, S. N., Umam, R. K., & Rahmadani, N. (2024). Pemanfaatan Copywriting Instagram Prabowo Subianto Sebagai Sarana Memenangkan Suara Masyarakat dalam Pemilihan Presiden. Jurnal Mahasiswa Sosial Humaniora, 1(1), 157-169.
Herliani, L. (2015). Analisis pemanfaatan situs jejaring sosial facebook sebagai media promosi anggota busam (Bubuhan Samarinda). ejournal ilmu komunikasi, 3(4).
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 25–32.
Kadir, A. (2020). Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional (Edisi Revisi). Penerbit Andi.
Karno, A. I., & Sujarwadi, B. (2024). Pengaruh Copywriting Tiktok Hyalureca Moisturaizer The Originote terhadap Minat Beli Masyarakat. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.
Maoyan, Z., Zujunxuan, & Sangyang. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science, 92–97.
Prayoga, D. E. (2015). Dongkrak Omzet Milyaran Dengan Tim Penjualan.
Rahayu, S. (2024). Strategi pemasaran produk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 3(1), 109-113.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.
Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO ONLINE. Management Analysis Journal, 389–399.
Sholihah, S. M. A., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep uji asumsi klasik pada regresi linier berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102-110.
Wiebe, J. (2023). Your First $5000 Month: 15 actionable techniques to turn your freelance writing side gig into a full-time career. CH Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puspa Maulida Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.