Pengaruh Digital Out-of-Home Advertising Videotron di Stasiun Bogor terhadap Brand Awareness Coolvita
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11817Keywords:
Digital out-of-home advertising, videotron, brand awarenesssAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi periklanan digital serta tingginya mobilitas pengguna KRL di Stasiun Bogor yang menjadikan lokasi ini strategis untuk pemasangan iklan videotron. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital out-of-home advertising videotron terhadap brand awareness Coolvita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear sederhana, uji hipotesis parsial (uji t), serta koefisien determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa videotron memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness Coolvita. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan videotron sebagai media DOOH dapat meningkatkan pengenalan, ingatan, dan dominasi merek di benak konsumen.
ABSTRACT
The research is motivated by the rapid development of digital advertising technology and the high mobility of KRL commuter line users at Bogor Station, making it a strategic location for videotron advertising placement. The purpose of this study is to examine the influence of digital out-of-home advertising videotron on brand awareness of the Coolvita product. This study employs a quantitative method using simple linear regression. Data were collected through questionnaires distributed to 80 respondents using Purposive Sampling. Data analysis was conducted through validity and reliability test, simple linear regression, partial hypothesis testing (t-test), and coefficients determination using the SPSS software. The result indicate that videotron has a positive and significant effect on Coolvita’s brand awareness. This proves that videotron as a DOOH medium can enchance brand recognition, brand recall, top of mind, and dominance in consumers’s minds.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia Journal, 8(3), 1–13. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087
Ayu Rahmadani, D., & Roni, M. (2022). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Kesadaran Merek Lemari Es. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 922–936. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.579
Ayu, S., & Rosli, M. S. Bin. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika, 6(1), 145–155.
Iqbal, M., & Salsabila, S. (2023). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kebiasaan Menonton Mukbang. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 4(2), 102. https://doi.org/10.24853/mjnf.4.2.102-109
Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). p-ISSN: 2827-9832 e-ISSN:2828-335x Available online at http:// https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr. Journal Of Social Research, 1(7), 694–707.
Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Nazara, D. S. (2021). Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Tricomsel Gunungsitoli. Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 9(3), 1400. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35613/33336
Rahmiaji, M. dan. (2024). HUBUNGAN TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN MELIHAT ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WULING AIR EV. 1–23.
Riskyawan, A. V., & Ervianty, R. M. (2019). The Use of Digital Marketing Communication Media as a Tool to Achieve Brand Awareness of Kitchenindo Products. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 3(1), 59. https://doi.org/10.20473/tijab.v3.i1.2019.59-72
Sakti, D. K., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang Provider Xl.
Sawerigading, A. C. (2023). Pengaruh kualitas informasi dan kekayaan media terhadap minat beli pada marketplace shopee.
Septrianto, F. A., & Nugraha, I. (2024). Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pupuk di PT Petrokimia Gresik Menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 78–85.
Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407
Suciati Rahayu Widyastuti. (2022). Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jendela ASWAJA, 3(02), 57–75. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.393
Syah, M. D., Usman, O., & Krissanya, N. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek , Persepsi Kualitas , dan Promosi Terhadap Keptusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen di Kalangan Gen-Z ( Studi Pada Digital Out of Home Advertising Mobile Led ). 2(2).
Rahmadianto, G., Awareness, T., Di, G., & Undip, M. (n.d.). Pengaruh citra merek dan terpaan iklan media luar ruang gojek terhadap tingkat.
Utami, Y. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21–24. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i2.730
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Citra Auliaturrif’ah, Guruh Ramdani, Mulyono Mulyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.