Pengaruh Digital Out of Home Advertising Videotron di Stasiun Bogor terhadap Brand Awareness Coolvita

Authors

  • Citra Auliaturrif’ah Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Guruh Ramdani Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Mulyono Mulyono Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11817

Keywords:

Digital out-of-home advertising, videotron, brand awarenesss

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

< strong>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi periklanan digital serta tingginya mobilitas pengguna KRL di Stasiun Bogor yang menjadikan lokasi ini strategis untuk pemasangan iklan videotron Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital out of home advertising videotron terhadap brand awareness Coolvita Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden menggunakan teknik Purposive Sampling Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas reliabilitas regresi linear sederhana uji hipotesis parsial uji t serta koefisien determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS Hasil penelitian menunjukkan bahwa videotron memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness Coolvita Hal ini membuktikan bahwa penggunaan videotron sebagai media DOOH dapat meningkatkan pengenalan ingatan dan dominasi merek di benak konsumen < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

< strong>The research is motivated by the rapid development of digital advertising technology and the high mobility of KRL commuter line users at Bogor Station making it a strategic location for videotron advertising placement The purpose of this study is to examine the influence of digital out of home advertising videotron on brand awareness of the Coolvita product This study employs a quantitative method using simple linear regression Data were collected through questionnaires distributed to 80 respondents using Purposive Sampling Data analysis was conducted through validity and reliability test simple linear regression partial hypothesis testing t test and coefficients determination using the SPSS software The result indicate that videotron has a positive and significant effect on Coolvita s brand awareness This proves that videotron as a DOOH medium can enchance brand recognition brand recall top of mind and dominance in consumers s minds < em>< p>

References

Ahmad Muslimah 2021 Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif Proceedings 1 1 173 186

Amelia S S Iswadi 2023 Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya Technomedia Journal 8 3 1 13 https: doi org 10 33050 tmj v8i3 2087

Ayu Rahmadani D Roni M 2022 Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Kesadaran Merek Lemari Es Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10 3 922 936 https: doi org 10 47668 pkwu v10i3 579

Ayu S Rosli M S Bin 2020 Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA Sistem Pembelajaran dalam Jaringan Biormatika 6 1 145 155

Iqbal M Salsabila S 2023 Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kebiasaan Menonton Mukbang Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science MJNF 4 2 102 https: doi org 10 24853 mjnf 4 2 102 109

Manik C M Siregar O M 2022 p ISSN: 2827 9832 e ISSN:2828 335x Available online at http: https: ijsr internationaljournallabs com index php ijsr Journal Of Social Research 1 7 694 707

Mardiatmoko G 2020 Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan 14 3 333 342 https: doi org 10 30598 barekengvol14iss3pp333 342

Nazara D S 2021 Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Tricomsel Gunungsitoli Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 9 3 1400 https: ejournal unsrat ac id index php emba article view 35613 33336

Rahmiaji M dan 2024 HUBUNGAN TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN MELIHAT ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WULING AIR EV 1 23

Riskyawan A V Ervianty R M 2019 The Use of Digital Marketing Communication Media as a Tool to Achieve Brand Awareness of Kitchenindo Products TIJAB The International Journal of Applied Business 3 1 59 https: doi org 10 20473 tijab v3 i1 2019 59 72

Sakti D K Studi P Komunikasi I Komunikasi F Informatika D A N Surakarta U M 2020 Pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang Provider Xl

Sawerigading A C 2023 Pengaruh kualitas informasi dan kekayaan media terhadap minat beli pada marketplace shopee

Septrianto F A Nugraha I 2024 Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pupuk di PT Petrokimia Gresik Menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana Jurnal Pendidikan Tata Niaga JPTN 12 1 78 85

Suasapha A H 2020 Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik Jurnal Kepariwisataan 19 1 26 37 https: doi org 10 52352 jpar v19i1 407

Suciati Rahayu Widyastuti 2022 Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama Jendela ASWAJA 3 02 57 75 https: doi org 10 52188 ja v3i02 393

Syah M D Usman O Krissanya N 2024 Pengaruh Kepercayaan Merek Persepsi Kualitas dan Promosi Terhadap Keptusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen di Kalangan Gen Z Studi Pada Digital Out of Home Advertising Mobile Led 2 2

Rahmadianto G Awareness T Di G Undip M n d Pengaruh citra merek dan terpaan iklan media luar ruang gojek terhadap tingkat

Utami Y 2023 Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen Jurnal Sains Dan Teknologi 4 2 21 24 https: doi org 10 55338 saintek v4i2 730

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Pengaruh Digital Out of Home Advertising Videotron di Stasiun Bogor terhadap Brand Awareness Coolvita. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 454 471. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11817