Pengembangan Video Pembelajaran Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Anugrah Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11821Keywords:
MDLC, Video Pembelajaran, Simulasi DigitalAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendesain media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Anugrah Tondano kelas X Multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Video pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran menggunakan perangkat lunak Filmora dan distribusikan menggunakan Edpuzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle yang memiliki enam tahap, yaitu Konsep, Desain, Mendapatkan Materi Konten, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. Media pembelajaran interaktif simulasi digital berupa video pembelajaran untuk siswa kelas X Multimedia di SMK Anugrah Tondano telah dibangun dan telah teruji kelayakannya pada Alpha Testing dan Beta Testing. Hasil kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media masuk dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,3 dan presentase kualitas media 85,85%. Berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,94 dan presentase kualitas materi 98,6%.
ABSTRACT
This study aims to identify and design learning media based on learning videos in Digital Simulation subjects at SMK Anugrah Tondano class X Multimedia. This research is a type of research and development. The learning video developed is a learning media using Filmora software and distributed using Edpuzzle. The research method used is the Multimedia Development Life Cycle which has six stages, namely Concept, Design, Obtaining Content Material, Making, Testing, and Distribution. Interactive digital simulation learning media in the form of learning videos for class X Multimedia students at SMK Anugrah Tondano has been built and its feasibility has been tested in Alpha Testing and Beta Testing. The results of the feasibility of learning media based on media experts are in the very feasible category with an average overall aspect score of 4.3 and a media quality percentage of 85.85%. Based on material experts, it is in the very feasible category with an average overall aspect score of 4.94 and a material quality percentage of 98.6%.
References
Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2023). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74-85.
Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2021). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 135-141.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Monny, M. O. E., Manurung, E. A. P., & Wardhana, G. W. (2021). Pelatihan Editing Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora Bagi Guru SMA Taman Rama Jimbaran. Postgraduated Community Service Journal, 2(1), 38-41.
Munisah, E. (2019). Model Desain Multimedia Pembelajaran. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 139-150.
Qadriani, N. L., Hartati, S., Dewi, A., & Selatan, J. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai media pembelajaran daring berbasis video interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.
Sitepu, E. N. (2022). Media pembelajaran berbasis digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.
Sutianah, D. C., Pd, S., & Pd, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukardi Walintukan, Mario Tulenan Parinsi, Peggy Veronica Togas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.