Pengaruh User Generated Content (UGC) terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Pinkflash
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11822Keywords:
ugc, tingkat kepercayaan konsumen, social media marketing, pemasaran digital, konten pemasaranAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana user generated content (UGC) berperan dan berhubungan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand pinkflash. Penelitian dilakukan karena banyaknya penyebaran konten buatan pengguna (user generated content) yang melibatkan produk pinkflash melalui Instagram. Tren ini dimanfaatkan oleh brand pinkflash dengan mengadakan tantangan ‘Pinkiedolls of the month’ dan disebarluaskan melalui akun Instagram @pinkflash.community. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif berdasarkan teori user generated content dan teori consumer-based trust. Melalui survey kuesioner dengan sample 100 responden wanita berusia 17-30 tahun, konsumen dari produk kecantikan pinkflash dan mengikuti akun instagram @pinkflash.community. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara user generated content (UGC) terhadap tingkat kepercayaan konsumen dengan faktor tertinggi pada tingkat kemampuan konten untuk membangun emosi positif konsumen terhadap produk pinkflash yang ditampilkan pada konten. Temuan ini menunjukan bahwa user generated content (UGC) dapat dijadikan bahan promosi pinkflash melalui Instagram untuk meningkatkan mutu dan pelayanan.
ABSTRACT
This research aims to analyze how user-generated content (UGC) takes part and is involved in improving consumer trust toward the pinkflash brand. This research was conducted due to the large distribution of user-generated content on Instagram which includes pinkflash’s products. This trend utilized by the pinkflash brand by holding a challenge ‘pinkiedolls of the month’ and distributed through @pinkflash.community Instagram account. This research used quantitative methods with associative approach based on user-generated content and consumer-based trust theory. Through a questionnaire survey, with a sample of 100 female respondents age 17-30 years old, consumers of pinkflash beauty product and following the Instagram account of @pinkflash.community. The result shows a positive and significant influence of user-generated content to the customer’s level of trust with the highest factor of content valance to build consumer positive emotion towards the pinkflash’s brand product inside the content. This finding shows that user-generated content can be used as pinkflash’s promotional materials through Instagram for improve quality and service.
References
Agustina, D. E. & Mahendri , W, (2023). Pengaruh User-Gemnerated Content dan Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Hanasui Pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 3(4). doi: 10.60036/jbm.v3i4.art7
Hasiara, L. O., Diah, A., & Sudarlan. (2019). Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif untuk Pendidikan Vokasi Khusus Homaniora. (C. I. Gunawan, Ed.) Malang, Jawa Timur, Indonesia: CV IRDH.
Hayat, M. A., Hermawan, A., & Nuryadin, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan User Generated Content (UGC) terhadap Purchase Decision Produk Luxcrime pada Generasi Z di Tiktok. Journal of Information Systems Management and Digital Business, 2(1). doi:10.70248/jismdb.v2i1.1184.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. Hokoben, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Luo, W., & Lee, Y.-C. (2022, Desember). How User-Generated Content Characteristics Influence the Impulsive Consumption: Moderating Effect of Tie Strength. Knowledge Management Research, 278. doi:10.15813/kmr.2022.23.4.013.
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and Validating Trust Measure for E-Commerce: An Integrative Typology. Informatuon System Research, 13(3). doi: 10.1287/isre.13.3.334.81.
Nisrina, R. G. (2021, Desember 22). User Generated Content sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital: Studi Kasus Fenomena #shopeehaul. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(6). doi:10.25139/jkp.v8i1.
Sang, V. M., Thanh, T. P., Gia, H. N., Quoc, D. N., Long, K. L., & Yen, V. T. (2024, Oktober 16). Impact of user-generated content in digital platforms on purchase intention: the mediator role of user emotion in the electronic product industry. Cogent Business & Management, 11(1), 2-4. doi: 10.1080/23311975.2024.2414860.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H., Wahyuni, R. D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. (A. Rikki, Ed.) Yayasan Kita Menulis.
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 25-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardha Lintang Khayani, Andriyono Kilat Adhi, Alfi Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.