Pengaruh User Generated Content UGC terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Pinkflash

Authors

  • Ardha Lintang Khayani Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Andriyono Kilat Adhi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Alfi Rahmawati Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11822

Keywords:

ugc, tingkat kepercayaan konsumen, social media marketing, pemasaran digital, konten pemasaran

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana user generated content UGC berperan dan berhubungan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand pinkflash Penelitian dilakukan karena banyaknya penyebaran konten buatan pengguna user generated content yang melibatkan produk pinkflash melalui Instagram Tren ini dimanfaatkan oleh brand pinkflash dengan mengadakan tantangan Pinkiedolls of the month dan disebarluaskan melalui akun Instagram @pinkflash community Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif berdasarkan teori user generated content dan teori consumer based trust Melalui survey kuesioner dengan sample 100 responden wanita berusia 17 30 tahun konsumen dari produk kecantikan pinkflash dan mengikuti akun instagram @pinkflash community Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara user generated content UGC terhadap tingkat kepercayaan konsumen dengan faktor tertinggi pada tingkat kemampuan konten untuk membangun emosi positif konsumen terhadap produk pinkflash yang ditampilkan pada konten Temuan ini menunjukan bahwa user generated content UGC dapat dijadikan bahan promosi pinkflash melalui Instagram untuk meningkatkan mutu dan pelayanan < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

< strong>This research aims to analyze how user generated content UGC takes part and is involved in improving consumer trust toward the pinkflash brand This research was conducted due to the large distribution of user generated content on Instagram which includes pinkflash s products This < em>trend< em> utilized by the pinkflash brand by holding a challenge pinkiedolls of the month and distributed through @pinkflash community Instagram account This research used quantitative methods with associative approach based on user generated content and consumer based trust theory Through a questionnaire survey with a sample of 100 female respondents age 17 30 years old consumers of pinkflash beauty product and following the Instagram account of @pinkflash community The result shows a positive and significant influence of user generated content to the customer s level of trust with the highest factor of content valance to build consumer positive emotion towards the pinkflash s brand product inside the content This finding shows that user generated content can be used as pinkflash s promotional materials through Instagram for improve quality and service < em>< p>

References

Agustina D E Mahendri W 2023 Pengaruh User Gemnerated Content dan Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Hanasui Pada Aplikasi Tiktok Jurnal Bisnis Mahasiswa 3 4 doi: 10 60036 jbm v3i4 art7

Hasiara L O Diah A Sudarlan 2019 Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif untuk Pendidikan Vokasi Khusus Homaniora C I Gunawan Ed Malang Jawa Timur Indonesia: CV IRDH

Hayat M A Hermawan A Nuryadin A 2024 Pengaruh Social Media Marketing dan User Generated Content UGC terhadap Purchase Decision Produk Luxcrime pada Generasi Z di Tiktok Journal of Information Systems Management and Digital Business 2 1 doi:10 70248 jismdb v2i1 1184

Kotler P Kartajaya H Setiawan I 2017 Marketing 4 0 Moving from Traditional to Digital Hokoben New Jersey: John Wiley Sons Inc

Luo W Lee Y C 2022 Desember How User Generated Content Characteristics Influence the Impulsive Consumption: Moderating Effect of Tie Strength Knowledge Management Research 278 doi:10 15813 kmr 2022 23 4 013

McKnight D H Choudhury V Kacmar C 2002 Developing and Validating Trust Measure for E Commerce: An Integrative Typology Informatuon System Research 13 3 doi: 10 1287 isre 13 3 334 81

Nisrina R G 2021 Desember 22 User Generated Content sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital: Studi Kasus Fenomena shopeehaul Jurnal Komunikasi Profesional 5 6 doi:10 25139 jkp v8i1

Sang V M Thanh T P Gia H N Quoc D N Long K L Yen V T 2024 Oktober 16 Impact of user generated content in digital platforms on purchase intention: the mediator role of user emotion in the electronic product industry Cogent Business Management 11 1 2 4 doi: 10 1080 23311975 2024 2414860

Saputra D H Sutiksno D U Kusuma A H Wahyuni R D Purnomo A Simarmata J 2020 Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah A Rikki Ed Yayasan Kita Menulis

Setianingsih F E Aziz F 2022 Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee Jurnal Administrasi Bisnis 11 2 25 34

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Pengaruh User Generated Content UGC terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Pinkflash. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 418 428. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11822