Analisis Strategi Social Media Marketing @smilingbogorcity terhadap Peningkatan Brand Awareness Caf di Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11832Keywords:
Pemasaran Media Sosial, Kesadaran Merek, The 7C Framework, InstagramAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
< strong>Perkembangan teknologi digital mengubah cara promosi dan komunikasi pemasaran khususnya melalui media sosial Strategi social media marketing Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor lewat konten Mimin Jalan Jalan di Instagram @smilingbogorcity dianalisis untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan brand awareness usaha caf lokal dan mengetahui persepsi pemilik usaha terhadap dampaknya Metode observasi dan wawancara mendalam digunakan dengan analisis berdasarkan teori The 7C Framework Hasil menunjukkan konten ini berhasil menerapkan elemen desain visual menarik narasi informatif dan komunikasi dua arah responsif sehingga berdampak positif pada pengenalan dan ingatan merek caf lokal Persepsi pelaku usaha sangat positif dengan peningkatan followers interaksi media sosial dan kunjungan pelanggan Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi social media marketing ini efektif sebagai media promosi digital untuk mendukung pertumbuhan usaha caf di Kota Bogor < em>< p>
< em>ABSTRACT< strong>< p>
< strong>The advancement of digital technology has transformed marketing promotion and communication especially through social media The social media marketing strategy of the Tourism and Culture Office of Bogor City implemented through the Mimin Jalan Jalan content on Instagram @smilingbogorcity was analyzed to measure its effectiveness in increasing brand awareness of local caf s and to understand caf owners perceptions of its impact Observation and in depth interviews were conducted with analysis based on the 7C Framework theory The results show that the content successfully applied elements of appealing visual design informative narration and responsive two way communication positively affecting the recognition and recall of local caf brands Business owners perceptions were highly positive with increases in followers social media interactions and customer visits This study concludes that the social media marketing strategy is effective as a digital promotional tool supporting the growth of caf s in Bogor City < em>< p>
References
Adhiyatmika H Sulaiman A I Prastyanti S 2022 Penggunaan Media Baru pada Pembangunan Pariwisata Baturraden Adventure Forest berbasis Ecotourism Jurnal FISIP UNTAD 9 1 34 37
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor 2019 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor disparbud kotabogor go id
Helena J P Hasfi N 2025 Upaya Meningkatkan Brand Awareness El Gelato Melalui Social Media Strategy Dan Event Management Pada Segmentasi Keluarga Di Kota Semarang Jawa Tengah Sebagai Account Executive Public Relation Finance Manager Dan Master Of Ceremony Interaksi Online 13 2 253 266
Huda N Hudori K Fahlevi R Mazaya D Sugiarti D 2017 Pemasaran Syariah: Terori Aplikasi Kencana
Makbul M 2021 Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian E Journal UIN Alauddin Makassar 2 1 3 4
Putri V N Paramita S 2023 Strategi Komunikasi Perusahaan Fashion di Sosial Media dalam Meningkatkan Brand Awareness 2 2 304 305
Rayport J F Jaworski B J 2003 Introduction to e commerce McGraw Hill Inc
Sidiq U Choiri M M 2019 Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan Penerbit Nata Karya
Sony J H Barkah C S 2024 Analisis strategi social media marketing dalam mempertahankan brand awareness pada Dotato Donat Kampung Studi kasus pada Instagram Dotato Jurnal Lentera Bisnis 13 3 1516 1517
Supada W 2023 Strategi Social Media Marketing dengan 7C Framework Interface Customer Jurnal Manajemen dan Ekonomi 1 1 95 97
Yunita D Widad A Diah Y M Farla W 2021 Pembuatan content marketing sebagai strategi menumbuhkan brand awareness bagi pelaku usaha di era Pandemi Covid 19 Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services 2 2 89 96
