Pengaruh Durasi Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Komunikasi Di Telkom Corporate University
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11839Keywords:
Durasi video, Pemahaman komunikasi, Pembelajaran digital, Corporate universityAbstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi metode pembelajaran, khususnya di lingkungan corporate university, dari berbasis teks menuju media video yang lebih interaktif dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik audiens, karakteristik video, dan durasi video terhadap pemahaman komunikasi dalam konteks pembelajaran di Telkom Corporate University. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis inferensial, data dikumpulkan melalui instrumen survei dan dianalisis dengan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yaitu karakteristik audiens, karakteristik video, dan durasi video berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman komunikasi, dengan nilai koefisien korelasi tertinggi ditunjukkan oleh variabel karakteristik video (0,790), diikuti durasi video (0,787), dan karakteristik audiens (0,368). Uji simultan juga memperkuat bahwa karakteristik video dan durasi video memberikan pengaruh dominan dibandingkan karakteristik individu audiens. Temuan ini menunjukkan bahwa desain dan durasi video yang tepat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pembelajaran, sedangkan perbedaan karakteristik audiens kurang berpengaruh secara signifikan bila dianalisis bersamaan. Oleh karena itu, pengembangan konten video pembelajaran sebaiknya lebih memfokuskan pada penyusunan materi yang menarik, padat, dan berdurasi optimal guna meningkatkan kualitas pengalaman belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi strategis dalam pengembangan media pembelajaran digital di era modern.
ABSTRACT
The development of digital technology has encouraged the transformation of learning methods, especially in the corporate university environment, from text-based to more interactive and flexible video media. This study aims to analyze the influence of audience characteristics, video characteristics, and video duration on communication understanding in the context of learning at Telkom Corporate University. Using descriptive quantitative approach with inferential analysis, data were collected through survey instrument and analyzed by linear regression test. The results show that the three independent variables, namely audience characteristics, video characteristics, and video duration, have a positive and significant effect on communication understanding, with the highest correlation coefficient value shown by the video characteristics variable (0.790), followed by video duration (0.787), and audience characteristics (0.368). Simultaneous tests also confirmed that video characteristics and video duration exerted a dominant influence over individual audience characteristics. This finding suggests that appropriate video design and duration play an important role in enhancing the effectiveness of learning communication, while differences in audience characteristics have less significant effect when analyzed together. Therefore, the development of learning video content should focus more on creating engaging, concise and optimally timed material to improve the quality of the learning experience. This research makes a strategic contribution to the development of digital learning media in the modern era.
References
Alkautsar MF, Sukriyatma M, Aminuddin DA, Fami A. (2024). Pengaruh Durasi Terhadap Retensi Audiens Dalam Motion Graphic Wajib Pajak Non Efektif. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media (JURRSENDEM), 3(1), 30–41.
Azizah M, Widiyanto R. (2022). Pengaruh Media Audiovisual berbasis Youtube terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Tematik. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38–55.
Hisan N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Pelatihan Jarak Jauh Fungsional Penyuluh Pajak (Studi Kasus Bdk Denpasar). Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(2),164–172.
Isnaini M, Sofwan M, Habibi A. 2023. Pendekatan Uses and Gratification Theory pada Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 13647–13655.
Maulani S, Nuraisyah N, Zarina D, Velinda I, Aeni AN. 2022. Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546.
Mokoginta H, Sojow L, Manggopa HK. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220–226.
Purnama AM, Kusmiyati. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri Pendabah 1 Kamal. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 98–110.
Rafi AM, Muslim MA. (2024). Kebijakan Peningkatan Kompetensi Melalui Corporate University. Jurnal Kebijak Publik, 15(1), 108.
Sabrina F, Luthfiansyah AR, Faqih M, Hanita M, Mardhiah I, Amaliyah A. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi tentang Toleransi dan Etika Komunikasi di SMPN 52 Jakarta. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 201–212.
Sakdiah H, Dewi R, Putri SE. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Momentum Dan Impuls Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri I Dewantara Aceh Utara. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(1), 50–59.
Sihabudin, Alaniah AS, Nisa Z. (2023). Use of Video Based Learning Media in Learning Fiqh: Meta-Analysis Study. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5372–5383.
Singh B, Gupta VK, Jain AK, Vashishts TK, Sharma S. (2023). Transforming Education in the Digital Age: a Comprehensive Study on the Effectiveness of Online Learning. International Journal of Scientific Research in Engineering and Management (IJSREM). 7(7), 1–11.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Tempay TJK, Rorimpandey WHF, Liando MAJ. (2024). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Kristen 3 Bangunan Wuwuk. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 852–860..
Yuhaeni Y, Qomariyah S, Jamil N. (2025). Peran Media Pembelajaran Video dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan di SMK YLA Cibadak. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 2(1), 316–329.
Zahra AR, Sukma HH. 2025. Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5):3(2), 524–532.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Dhea Marlina, Vivien Febri Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.