Pengaruh Durasi Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Komunikasi Di Telkom Corporate University
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11839Keywords:
Durasi video, Pemahaman komunikasi, Pembelajaran digital, Corporate universityAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
< strong>Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi metode pembelajaran khususnya di lingkungan corporate university dari berbasis teks menuju media video yang lebih interaktif dan fleksibel Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik audiens karakteristik video dan durasi video terhadap pemahaman komunikasi dalam konteks pembelajaran di Telkom Corporate University Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis inferensial data dikumpulkan melalui instrumen survei dan dianalisis dengan uji regresi linier Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yaitu karakteristik audiens karakteristik video dan durasi video berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman komunikasi dengan nilai koefisien korelasi tertinggi ditunjukkan oleh variabel karakteristik video 0 790 diikuti durasi video 0 787 dan karakteristik audiens 0 368 Uji simultan juga memperkuat bahwa karakteristik video dan durasi video memberikan pengaruh dominan dibandingkan karakteristik individu audiens Temuan ini menunjukkan bahwa desain dan durasi video yang tepat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pembelajaran sedangkan perbedaan karakteristik audiens kurang berpengaruh secara signifikan bila dianalisis bersamaan Oleh karena itu pengembangan konten video pembelajaran sebaiknya lebih memfokuskan pada penyusunan materi yang menarik padat dan berdurasi optimal guna meningkatkan kualitas pengalaman belajar Penelitian ini memberikan kontribusi strategis dalam pengembangan media pembelajaran digital di era modern < em>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
< em>< strong>The development of digital technology has encouraged the transformation of learning methods especially in the corporate university environment from text based to more interactive and flexible video media This study aims to analyze the influence of audience characteristics video characteristics and video duration on communication understanding in the context of learning at Telkom Corporate University Using descriptive quantitative approach with inferential analysis data were collected through survey instrument and analyzed by linear regression test The results show that the three independent variables namely audience characteristics video characteristics and video duration have a positive and significant effect on communication understanding with the highest correlation coefficient value shown by the video characteristics variable 0 790 followed by video duration 0 787 and audience characteristics 0 368 Simultaneous tests also confirmed that video characteristics and video duration exerted a dominant influence over individual audience characteristics This finding suggests that appropriate video design and duration play an important role in enhancing the effectiveness of learning communication while differences in audience characteristics have less significant effect when analyzed together Therefore the development of learning video content should focus more on creating engaging concise and optimally timed material to improve the quality of the learning experience This research makes a strategic contribution to the development of digital learning media in the modern era < em>< p>
References
Alkautsar MF Sukriyatma M Aminuddin DA Fami A 2024 Pengaruh Durasi Terhadap Retensi Audiens Dalam Motion Graphic Wajib Pajak Non Efektif Jurnal Riset Rumpun Seni Desain dan Media JURRSENDEM 3 1 30 41
Azizah M Widiyanto R 2022 Pengaruh Media Audiovisual berbasis Youtube terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Tematik Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar 2 1 38 55
Hisan N 2021 Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Pelatihan Jarak Jauh Fungsional Penyuluh Pajak Studi Kasus Bdk Denpasar Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan 1 2 164 172
Isnaini M Sofwan M Habibi A 2023 Pendekatan Uses and Gratification Theory pada Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Journal on Education 05 04 13647 13655
Maulani S Nuraisyah N Zarina D Velinda I Aeni AN 2022 Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2 1 539 546
Mokoginta H Sojow L Manggopa HK 2021 Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226
Purnama AM Kusmiyati 2024 Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri Pendabah 1 Kamal Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan 3 2 98 110
Rafi AM Muslim MA 2024 Kebijakan Peningkatan Kompetensi Melalui Corporate University Jurnal Kebijak Publik 15 1 108
Sabrina F Luthfiansyah AR Faqih M Hanita M Mardhiah I Amaliyah A 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi tentang Toleransi dan Etika Komunikasi di SMPN 52 Jakarta Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 1 201 212
Sakdiah H Dewi R Putri SE 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Momentum Dan Impuls Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri I Dewantara Aceh Utara Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika 5 1 50 59
Sihabudin Alaniah AS Nisa Z 2023 Use of Video Based Learning Media in Learning Fiqh: Meta Analysis Study Al Ishlah: Jurnal Pendidikan 15 4 5372 5383
Singh B Gupta VK Jain AK Vashishts TK Sharma S 2023 Transforming Education in the Digital Age: a Comprehensive Study on the Effectiveness of Online Learning International Journal of Scientific Research in Engineering and Management IJSREM 7 7 1 11
Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta cv
Tempay TJK Rorimpandey WHF Liando MAJ 2024 Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Kristen 3 Bangunan Wuwuk Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10 9 852 860
Yuhaeni Y Qomariyah S Jamil N 2025 Peran Media Pembelajaran Video dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan di SMK YLA Cibadak Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa 2 1 316 329
Zahra AR Sukma HH 2025 Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 5 5 :3 2 524 532
