Hubungan Antara Konten Feed Instagram @lps_idic Dengan Literasi Keuangan Gen Z Terkait Program Penjaminan Simpanan

Authors

  • Putri Nadia Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Hadiyanto Hadiyanto Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11845

Keywords:

Feed Instagram, Generasi Z, Komunikasi Digital, Literasi Keuangan, Penjaminan Simpanan

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

< strong>Penelitian ini mengkaji hubungan antara kualitas konten feed Instagram @lps_idic dengan tingkat literasi keuangan Gen Z khususnya terkait program penjaminan simpanan Gen Z dipilih karena merupakan kelompok usia yang sangat aktif menggunakan media sosial serta akan menjadi pelaku utama ekonomi di masa depan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan memanfaatkan uji validitas serta reliabilitas untuk memastikan instrumen kuesioner yang digunakan akurat dan konsisten Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 30 responden yang merupakan pengikut aktif akun Instagram @lps_idic dan memenuhi kriteria Gen Z Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas konten yang mencakup aspek relevansi kredibilitas keunikan kegunaan daya tarik visual ketepatan waktu dan konsistensi identitas Sementara itu variabel dependen adalah literasi keuangan yang diukur dari indikator pengetahuan keterampilan keyakinan sikap dan perilaku Hasil awal menunjukkan bahwa responden menilai konten @lps_idic sebagai informatif mudah dipahami dan menarik secara visual Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan telah memenuhi standar kelayakan pengukuran Temuan ini memperkuat asumsi bahwa konten edukatif di media sosial jika dikelola secara strategis dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman keuangan di kalangan Gen Z Penelitian ini juga memperkuat pentingnya strategi komunikasi digital dalam program literasi keuangan yang dijalankan oleh institusi pemerintah seperti LPS < em>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

< strong>This study examines the relationship between the quality of the Instagram feed content of @lps_idic and the level of financial literacy among Generation Z particularly regarding the deposit insurance program Generation Z was selected as the target group due to their high level of engagement with social media and their role as future key economic players The study employs a quantitative approach with a correlational method and utilizes validity and reliability tests to ensure that the questionnaire instrument is accurate and consistent Data were collected through an online questionnaire distributed to 30 respondents who are active followers of the @lps_idic Instagram account and meet the Generation Z criteria The independent variable is the content quality measured through indicators such as relevance credibility uniqueness usefulness visual appeal timeliness and brand consistency The dependent variable is financial literacy measured by indicators of knowledge skills confidence attitudes and behavior Preliminary findings show that respondents perceive @lps_idic content as informative easy to understand and visually engaging The validity and reliability tests confirm that the instrument meets the required measurement standards These findings support the assumption that educational content on social media when strategically managed can positively influence the improvement of financial understanding among Generation Z The study also emphasizes the importance of digital communication strategies in financial literacy programs conducted by government institutions such as the Indonesia Deposit Insurance Corporation LPS < em>< p>

References

Handayani K W 2024 Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa Daiwi Widya 10 3 133 142

Malik N J 2022 Crazy Rich Generasi Milenial CNN Indonesia

OJK 2022 Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022 OJK

Perkasa D H Purwanto S Ariani M Vitriani N Parashakti R D 2024 Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7 1 109 116

Ramadhani A R Fauzi M A Abdullah M M Maesaroh S S Herdiana O 2023 Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keterlibatan Pelanggan Survei pada Pengguna Halodoc di Indonesia Jurnal Teknologi Terpadu 9 1 65 69

Safitri L A Dewa C B 2022 Analisa Pengaruh Literasi Keuangan Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Pengelolaan Keuangan Generasi Z ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis 5 2

Santana S 2024 Evaluasi dan Rekomendasi Konten Instagram Sebagai Alat Pemasaran UMKM Kripjungan Doctoral dissertation Universitas Pendidikan Indonesia

Sugiyono 2024 Metode Penelitian Kuantitatif Bandung: Alfabeta

Widyanto G W 2022 Pemanfaatan Media Baru sebagai Sarana Penyebaran Informasi di Instansi Pemerintah Studi Kasus Penggunaan Aplikasi TikTok pada Direktorat Jenderal Imigrasi Promedia Public Relation Dan Media Komunikasi 8 1

Wijayanti A 2021 Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesian Journal of Tourism and Leisure 2 1 :26 39 doi:10 36256 ijtl v2i1 138

Yasa I W A P Putra R W Kurniawan H Ruslan A Muhdaliha B Suryani R I Judijanto L 2024 Desain Komunikasi Visual: Teori dan Perkembangannya PT Sonpedia Publishing Indonesia

Yu J Hong WCH Egger R 2024 Apr 1 The Art of Post Captions: Readability and User Engagement on Social Media J Travel Res doi:10 1177 00472875241228822

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Hubungan Antara Konten Feed Instagram @lps_idic Dengan Literasi Keuangan Gen Z Terkait Program Penjaminan Simpanan. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 517 527. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11845