Pengaruh Key Opininon Leader KOL terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc di Kalangan Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11860Keywords:
Komunikasi pemasaran, Pemasaran digital, Key opinion leader, Keputusan pembelian, Media sosialAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
< strong>Kemajuan teknologi dan akses internet yang meluas telah mengubah lanskap strategi pemasaran secara signifikan khususnya melalui media sosial yang kini dianggap lebih efektif daripada platform tradisional TikTok menjadi salah satu platform yang tumbuh pesat dalam dunia pemasaran digital termasuk dalam industri kecantikan di Indonesia Somethinc sebagai brand kosmetik lokal memanfaatkan strategi digital melalui kolaborasi dengan Key Opinion Leader KOL seperti Tasya Farasya Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Key Opinion Leaders KOLs memengaruhi keputusan pembelian produk Somethinc di kalangan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif yang didukung oleh analisis regresi linier sederhana Proses pengumpulan data melibatkan penyebaran kuesioner kepada total 100 mahasiswa di tiga program studi yang berbeda Untuk menganalisis respons beberapa teknik statistik digunakan termasuk uji validitas reliabilitas asumsi klasik regresi linier sederhana dan koefisien determinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mewakili Key Opinion Leaders X memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian Y sebagaimana ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0 000 yang lebih kecil dari 0 05 bersama dengan koefisien determinasi R sebesar 0 545 Familiarity dan expertise menjadi dua indikator yang paling dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Sekolah Vokasi IPB terhadap produk Somethinc < em>< p>
< em>ABSTRACT< strong>< p>
< strong>The advancement of technology and the internet has brought significant changes to marketing strategies particularly through social media which is considered more effective than conventional media One of the digital marketing platforms with the quickest rate of growth especially in Indonesia s beauty sector is TikTok A local cosmetics company called Somethinc works with Key Opinion Leaders KOLs like Tasya Farasya to employ digital tactics The purpose of this study is to examine how KOLs affect students at IPB University s Vocational School s decisions to buy certain products The study uses a straightforward linear regression analysis method in conjunction with a descriptive quantitative approach 100 respondents from three study programs were given questionnaires to complete in order to gather data Among the techniques used for data analysis were tests for validity reliability simple linear regression classical assumption testing and coefficient of determination testing With a significance value of 0 000 lt; 0 05 and a R square of 0 545 the findings show that KOLs X have a positive and significant impact on purchasing decisions Y The two most important factors influencing IPB University Vocational School students decisions to buy certain products were familiarity and expertise < em>< p>
References
Baharsyam S Wahyuti T 2022 Strategi Penggunaan Key Opinion Leader Kol Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Sania Royale Soya Oil Konvergensi J Ilm Ilmu Komun 3 1 244 256
Damayanti S Chan A Barkah C 2021 Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image My Pangandaran Tour And Travel J Ilmu Manaj 9 3 852 862
Eldhia K Faudy 1 2023 Pengaruh Kredibilitas Youtuber Terhadap Keterlibatan Mahasiswa Jurnal Sosiohumaniora Nusantara 1 1 64 71
Hermawati A 2023 Pengaruh Penanganan Keluhan Komunikasi Pemasaran Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Literature Review Manajemen Pemasaran J Manaj Dan Pemasar Digit 1 1 14 28
Kemenperin 2025 Kemenperin Gandang Potensi Industri Kosmetik Semakin Gemilang https: kemenperin go id artikel 25735 Kemenperin Gadang Potensi Industri Kosmetik Semakin Gemilang
Khairunnisa F Jamiat N 2021 Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Melalui E Commerce Shopee Di Indonesia eProceeding of Management 8 1 397 408
Kottler P Keller K 2016 Marketing Management Pearson
Rezeki S Rinaldi M Gustina I Lodian A 2022 The Influence Of Consumer Behavior And Prices On Consumer Decisions To Buy Products At PT Daikin Airconditioning Indonesia J Manaj Bisnis Eka Prasetya Penelit Ilmu Manaj 8 2 284 295
Rifiani P Dharta FY Oxcygentri O 2022 Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen Survei Eksplanatori Pada Pengikut Media Sosial Instagram @Fadiljaidi J Imiah Wahana Pendidik 8 12 :289 301
Sahir S 2021 Metode Penelitian KBM Indonesia
Salim H S Goh T S Margery E 2022 Pengaruh komunikasi pemasaran dan produk terhadap keputusan pembelian di PT Furnilux Indonesia Jurnal Bisnis Kolega 8 1
Satdiah A Siska E Indra N 2023 Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De lucent Paint Cidea J 2 1 :24 37
Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D ALFABETA
Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif ALFABETA
Umeogu B 2012 Source Credibility: A Philosophical Analysis Open J Philos 2 2 :112 115
Wardana MA 2021 Proses Keputusan Pembelian Konsumen Eureka Media Aksara
Xiong L et al 2021 A Study Of KOL Effectiveness On Brand Image Of Skincare Products Enterp Inf Syst 15 10 1483 1500
Yuanita D 2021 Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan PRofesi Humas 6 1 23 44
