Perilaku Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Satuan Pendidikan (Studi Kasus pada SMP Negeri 5 Tagulandang)
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11932Keywords:
Perilaku, Kepala Sekolah, Pemimpin PendidikanAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prilaku kepala sekolah sebagai pemimpin satuan pendidikan (studi kasus pada SMP Negeri 5 Tagulandang) dalam empat aspek berikut: kepemimpinan pendidikan yang melayani, kepemimpinan pendidikan yang memberdayakan, kepemimpinan pendidikan yang berorientasi kemanusiaan, dan kepemimpinan pendidikan yang berorientasi masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai pemimpin yang melayani dengan membangun pendekatan yang baik kepada warga sekolah, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta memberi teladan dalam kedisiplinan. Sebagai pemimpin yang memberdayakan, kepala sekolah melibatkan seluruh komponen sekolah secara aktif sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing tanpa tumpang tindih. Dalam orientasi kemanusiaan, kepala sekolah menunjukkan sikap saling menghargai, mempercayai bawahan, serta menghindari sikap otoriter dengan menggunakan bahasa yang santun dalam komunikasi. Adapun dalam orientasi masa depan, kepala sekolah responsif terhadap perkembangan teknologi dan informasi, serta mendorong guru-guru untuk terus mengikuti perkembangan zaman demi peningkatan mutu pendidikan. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang holistik sangat berpengaruh terhadap efektivitas manajemen sekolah dan pencapaian tujuan pendidikan.
ABSTRACT
This study aims to describe the behavior of the principal as a leader of an educational unit (case study at SMP Negeri 5 Tagulandang) in the following four aspects: educational leadership that serves, educational leadership that empowers, educational leadership that is oriented towards humanity, and educational leadership that is oriented towards the future. This study uses a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the principal carries it out as a leader who serves by building a good approach to the school community, providing adequate facilities and infrastructure, and setting an example in discipline. As an empowering leader, the principal actively involves all components of the school according to their respective duties and functions without overlapping. In the orientation of humanity, the principal shows an attitude of mutual respect, trusts subordinates, and avoids authoritarian attitudes by using polite language in communication. In the orientation of the future, the principal is responsive to developments in technology and information, and encourages teachers to continue to follow the times in order to improve the quality of education. This finding confirms that holistic principal leadership greatly influences the effectiveness of school management and the achievement of educational goals.
References
Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bush, T. (2008). Leadership and Management Development in Education. London: SAGE Publications.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Fullan, M. (2001). The New Meaning of Educational Change (3rd ed.). New York: Teachers College Press.
Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. (2014). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (10th ed.). Boston: Pearson.
Hargreaves, A. (2003). Teaching in the Knowledge Society: Education in the Age of Insecurity. New York: Teachers College Press.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.
Maulidya, A. P., Nurcholifia, S., & Sidik, A. M. (2024). MANAJEMEN PERUBAHAN DI SEKOLAH: TANTANGAN DAN STRATEGI UNTUK MENCAPAI KUALITAS PENDIDIKAN YANG BERKELANJUTAN. Educatus, 2(3), 8-15.
Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nurfahila, S. A., & Yuliana, L. (2023). Transformational Leadership Strategies: Enhancing Teacher Leadership in Schools. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 8(1), 23526.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Patrik D. Tangkere, Rolly R. Oroh, Hiskia K. Manggopa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.