Penerapan Pendekatan Ekspositoris dan Partisipatoris dalam Penyutradaraan Film Dokumenter “Belongings Through Lines”

Authors

  • Khalda Luqyana Ismawan Program Studi Manajemen Produksi Media, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Teddy Kurnia Wirakusumah Program Studi Manajemen Produksi Media, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Yuliani Dewi Risanti Program Studi Manajemen Produksi Media, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11940

Keywords:

film dokumenter, penyutradaraan, ekspositoris, partisipatoris

Abstract

ABSTRAK

 Film dokumenter memiliki peran penting dalam menyampaikan realitas sosial dan membangun keterlibatan emosional antara pembuat film dan subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penyutradaraan film dokumenter Belongings Through Lines dengan menggabungkan pendekatan ekspositoris dan partisipatoris. Pendekatan ekspositoris digunakan untuk menyusun narasi informatif melalui wawancara, sedangkan pendekatan partisipatoris menekankan keterlibatan aktif pembuat film dalam kehidupan subjek. Penelitian ini menggunakan metode penciptaan (practice-led research) dengan tahapan pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi. Hasil menunjukkan bahwa kombinasi kedua pendekatan menghasilkan dokumenter yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menghadirkan pengalaman reflektif terhadap ruang dan memori. Dokumenter ini menempatkan ruang, benda, dan komunitas sebagai bagian penting dari konstruksi narasi visual yang sekaligus berfungsi sebagai arsip sosial budaya. Temuan ini menunjukkan bahwa penyutradaraan dokumenter dapat menjadi praktik kreatif yang bersandar pada teori namun fleksibel terhadap dinamika lapangan.

 ABSTRACT

 Documentary films play a crucial role in conveying social realities and fostering emotional engagement between filmmakers and subjects. This study aims to explain the directing process of the documentary film Belongings Through Lines by combining expository and participatory approaches. The expository mode is used to structure informative narration through interviews, while the participatory mode emphasizes the active involvement of the filmmaker in the subject’s environment. This research applies a practice-led method involving pre-production, production, and post-production stages. The results show that the combination of both approaches leads to a documentary that not only delivers information but also offers a reflective experience of space and memory. The documentary positions space, objects, and community as integral elements of the visual narrative that also serve as a form of socio-cultural archiving. These findings demonstrate that directing documentaries can be a creative practice grounded in theory but adaptable to production dynamics

References

Aufderheide, P. (2007). Documentary film: A very short introduction. Oxford University Press.

Bruzzi, S. (2006). New documentary: A critical introduction (2nd ed.). Routledge.

Ellis, J., & McLane, B. A. (2005). A new history of documentary film. Continuum.

Gutiérrez Torres, I. (2023). Archival participatory filmmaking in migration and border studies. Doing digital migration studies.

Mbazzi, F. B., Kawesa, E. S., Nalugya, R., & Seeley, J. (2024). The ‘Obuntu Bulamu’Visual Narratives: Participatory Research and Film Making About Inclusion of Children With Disabilities in Uganda. Journal of participatory research methods, 5(4), 24-43.

Nash, K. (2011). Documentary-for-the-other: Relationships, ethics and (observational) documentary. Journal of Mass Media Ethics, 26(3), 224-239.

Nichols, B. (2001). Introduction to documentary. Indiana University Press.

Nora, P. (1989). Between memory and history: Les lieux de mémoire. representations, 7-24.

Pratista, H. (2024). Memahami Film: Pengantar Naratif (Edisi 3). Montase Press.

Rahadian, B. T., & Park, J. (2024). Repositioning Sketches in Visual Communication Design Education. Serat Rupa: Journal of Design, 8(2), 225-240.

Ramadhan, A. J., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2025). Penerapan Smart Museum Sebagai Strategi Pengembangan Layanan Museum Gedung Sate Bandung. Jurnal Pustaka Budaya, 12(1), 1-14.

ReConstructing Memory. (2024). Mobile media-based documentaries and collective memory. Journal of Media Practice and Education, 25(1). https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/2040350X.2024.2412798

Renov, M., & Suderburg, E. (Eds.). (1996). Resolutions: Contemporary video practices. U of Minnesota Press.

Winston, B. (1995). Claiming the real: The documentary film revisited. British Film Institute.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Ismawan, K. L., Wirakusumah, T. K., & Risanti, Y. D. (2025). Penerapan Pendekatan Ekspositoris dan Partisipatoris dalam Penyutradaraan Film Dokumenter “Belongings Through Lines”. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 609-615. https://doi.org/10.53682/edutik.v5i3.11940