Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 8 Bandar Lampung
Keywords:
Desain Komunikasi Visual, evaluasi kurikulum, industri kreatif, Kurikulum Merdeka, project-based learning, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 8 Bandar Lampung, dengan fokus pada kesesuaian antara struktur kurikulum, metode pembelajaran, dan fasilitas penunjang terhadap kebutuhan industri kreatif masa kini. Pendekatan kualitatif digunakan melalui teknik wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka telah memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran melalui pendekatan project-based learning dan penyesuaian materi ajar berbasis kompetensi industri. Kegiatan magang, kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), serta penggunaan perangkat lunak desain terkini menjadi kekuatan utama. Namun, masih ditemukan beberapa kelemahan, seperti keterbatasan variasi mata pelajaran di kelas X dan kebutuhan peningkatan spesifikasi perangkat keras komputer. Evaluasi ini merekomendasikan penguatan variasi materi dasar di awal pembelajaran, pembaruan fasilitas digital, serta pelatihan berkelanjutan bagi guru. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum DKV yang lebih responsif terhadap dinamika industri kreatif.
References
Bekraf. (2019). Opus: Statistik dan Informasi Industri Kreatif Indonesia. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2023). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
Kemendikbudristek. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
Majid, A. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International journal of qualitative methods, 16(1), 1609406917733847.
Prasetyani, H., Kurniawati, K., & Purnamasari, D. (2024). Literature Review: Keterkaitan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 75-78.
Sari, O. K., & Umami, N. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung (Studi pada Guru Kelas X). ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 866-871.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP Evaluation Model Checklist. Kalamazoo: Western Michigan University.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Suyanto, S. (2022). Transformasi Pendidikan Kejuruan melalui Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: UNY Press.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafiqa Rizalita, Aldi Surya Purnama, Kadek Novita Saridewi, Mayang Syafitri, Rosdiyanna Safitri, Ruzi Yandi, Sefira Muti Sukma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.