Pengaruh Artificial Intelligence (ChatGPT) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP Katolik Don Bosco Bitung

Authors

  • Sandra Stella Maris Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Universitas Negeri Manado
  • Metsi Daud Universitas Negeri Manado

Keywords:

Artificial Intelligence, ChatGPT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of artificial intelligence (ChatGPT) and learning motivation on the learning outcomes of 7th grade students of Don Bosco Bitung Catholic Middle School. This study uses a quantitative approach with a correlational method. The sample consisted of 58 students who were selected randomly. The research instruments were in the form of a learning motivation questionnaire, an observation sheet for the use of ChatGPT, and documentation of learning outcome scores. The results of the analysis show that the use of ChatGPT and learning motivation have a significant effect on student learning outcomes. This finding indicates that the integration of technology and psychological factors can improve the quality of learning.

References

Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; artikel review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13-13.

Gultom, E. M. B., Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., Nainggolan, J., Pardede, L., & Siahaan, M. M. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X Di Sma Negeri 2 Tanjung Morawa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6014-6019.

Lestari, D. M. A. (2024, August). Pemanfaatan Artificial Intellegence (AI) dalam Pengelolaan Perpustakaan di SMA Negeri 1 Tanjungsari. In Seminar Nasional Prodi Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1).

Muchminiin, M. A., Kevin, M., & Rahmadhani, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2022. Mars: Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(4), 56-62.

Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh artificial intelligence tools terhadap motivasi belajar siswa ditinjau dari teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Nelliraharti, N. (2024). Pengaruh artificial intelligence (ai) terhadap motivasi belajar mahasiswa. Journal Of Education Science, 10(1), 139-151.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., & Ekonomi, J. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

PURWANINGSIH, P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422-427.

Riduwan, M. B. A. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Russell, S., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.

Sudjana, Nana. 2011, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Kaunang, S. S. M. ., Rompas , P. T. D. ., & Daud , M. . (2025). Pengaruh Artificial Intelligence (ChatGPT) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP Katolik Don Bosco Bitung. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 673-686. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/12023