Pengaruh Persepsi tentang Video Tutorial dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Berdasarkan Persepsi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Talaud
Keywords:
Video tutorial, kreativitas belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan menanalisis signifikansi 1 pengaruh persepsi video tutorial terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud 2 pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud 3 pengaruh persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional Objek penelitian adalah siswa SMK Negeri 4 Talaud Sulawesi Utara dengan jumlah populasi siswa adalah 32 siswa Instrumen penelitian berupa angket skala Likert 1 5 < em>Analisis data menggunakan analisis regresi untuk menguji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa < em> 1 Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi video tutorial terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud dan kostribusinya sebesar 32 20 Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada persepsi penererapan video tutorial maka akan berakibat pada peningkatan pada hasil belara siswa atau sebaliknya 2 Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud dan kostribusinya sebesar 27 40 Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada kreativitas belajar maka akan berakibat pada peningkatan pada hasil belajar siswa atau sebaliknya 3 Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud dan kostribusinya sebesar 42 90 Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan maka akan berakibat pada peningkatan pada hasil bejar siswa SMK Negeri 4 Talaud atau sebaliknya Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi signifikan terhadap video tutorial dan tingginya kreativitas siswa meningkatkan hasil belajar seni rupa Implikasi praktisnya adalah pentingnya penyediaan media video pembelajaran dan pengembangan kreativitas siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa < em>< p>
References
Ali A Maniboey L C Megawati R Djarwo C F Listiani H 2024 Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar PT Sonpedia Publishing Indonesia
Anwar F Pajarianto H Herlina E Raharjo T D Fajriyah L Astuti I A D Suseni K A 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Telaah Perspektif Pada Era Society 5 0 Tohar Media
Fajar F F Tarmizi P Noperman F 2024 Pengaruh Video Tutorial Terhadap Kreativitas Siswa dalam Membuat Bendera Hias Pembelajaran Seni Rupa JURIDIKDAS Jurnal Riset Pendidikan Dasar 7 3 439 447
Guilford J P 1950 Creativity American Psychologist 5 9 444 454 https: doi org 10 1037 h0063487
Iswadi M P Iriansyah H S Maulizan Z A 2024 Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif PT Penerbit Qriset Indonesia
KHAIRANI R Erwin A Ernis M P 2017 Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Di Sma Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman Serupa The Journal of Art Education 5 2
Mariyaningsih N Hidayati M 2018 Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas kelas inspiratif CV Kekata Group
Mayer R E 2014 Incorporating motivation into multimedia learning Learning and instruction 29 171 173
Putri S W Zubaidah M P Eswendi M P 2017 Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk dalam Pelajaran Seni Rupa Di SMP Negeri 3 Padang Serupa The Journal of Art Education 6 1
Setiawan Z Pustikayasa I M Jayanegara I N Setiawan I N A F Putra I N A S Yasa I W A P Gunawan I G D 2023 PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4 0 menuju society 5 0 PT Sonpedia Publishing Indonesia
Torrance E P 1974 Torrance tests of creative thinking: Norms technical manual Scholastic Testing Service
