Pengaruh Persepsi tentang Video Tutorial dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Berdasarkan Persepsi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Talaud

Authors

  • Angel Imanuel Kesek Universitas Negeri Manado
  • Metsi Daud Universitas Negeri Manado
  • Djami Olii Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Universitas Negeri Manado

Keywords:

Video tutorial, kreativitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menanalisis signifikansi (1) pengaruh persepsi video tutorial terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud, (2) pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud, (3) pengaruh persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar seni rupa di SMK Negeri 4 Talaud. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Objek penelitian adalah siswa SMK Negeri 4 Talaud Sulawesi Utara dengan jumlah populasi siswa adalah 32 siswa. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert 1-5. Analisis data menggunakan analisis regresi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi video tutorial terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud, dan kostribusinya sebesar 32.20%. Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada persepsi penererapan video tutorial, maka akan berakibat pada peningkatan  pada hasil belara siswa atau sebaliknya, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud, dan kostribusinya sebesar 27.40%. Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada kreativitas belajar, maka akan berakibat pada peningkatan pada hasil belajar siswa atau sebaliknya, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Talaud, dan kostribusinya sebesar 42.90%. Hal ini mengandung pengertian bahwa jika terjadi peningkatan pada persepsi video tutorial dan kreativitas belajar secara simultan, maka akan berakibat pada peningkatan pada hasil bejar siswa SMK Negeri 4 Talaud atau sebaliknya, Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi signifikan terhadap video tutorial dan tingginya kreativitas siswa meningkatkan hasil belajar seni rupa. Implikasi praktisnya adalah pentingnya penyediaan media video pembelajaran dan pengembangan kreativitas siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa.

References

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., ... & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0”. Tohar Media.

Fajar, F. F., Tarmizi, P., & Noperman, F. (2024). Pengaruh Video Tutorial Terhadap Kreativitas Siswa dalam Membuat Bendera Hias Pembelajaran Seni Rupa. JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 7(3), 439-447.

Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444–454. https://doi.org/10.1037/h0063487

Iswadi, M. P., Iriansyah, H. S., & Maulizan, Z. A. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif. PT. Penerbit Qriset Indonesia.

KHAIRANI, R., Erwin, A., & Ernis, M. P. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Di Sma Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Serupa The Journal of Art Education, 5(2).

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and instruction, 29, 171-173.

Putri, S. W., Zubaidah, M. P., & Eswendi, M. P. (2017). Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk dalam Pelajaran Seni Rupa Di SMP Negeri 3 Padang. Serupa The Journal of Art Education, 6(1).

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., ... & Gunawan, I. G. D. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Torrance, E. P. (1974). Torrance tests of creative thinking: Norms-technical manual. Scholastic Testing Service.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Kesek, A. I. ., Daud, M. ., Olii, D. ., & Rompas, P. T. D. (2025). Pengaruh Persepsi tentang Video Tutorial dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Berdasarkan Persepsi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Talaud. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 687-693. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/12027