Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR SMK Negeri 1 Ratahan
Keywords:
Model Pembelajaran, Hasil Belajar Dasar -Dasar Teknik Otomotif, Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Ratahan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif (DDTO) setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X TKR pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dengan pembagian menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk mengukur capaian belajar, disertai dengan lembar observasi. Teknik pengumpulan data melibatkan tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif (statistik deskriptif dan uji n-gain) serta metode inferensial yang mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi K3LH dan Budaya Industri. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen tercatat sebesar 82,29 dengan rentang nilai antara 70 hingga 100, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 72,50 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 65.
References
Ali, A., Apriyanto, A., Haryanti, T., & Hidayah, H. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Gulo, W. (2002). Metodologi penelitian (Y. Hardiwati. Jakarta: Grasindo.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238-251.
Raharjo, D. (2018). Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah (pbl) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87-104.
Silmi, B., Fahyuni, E. F., & Astutik, A. P. (2022). Analisis penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar PAI siswa sekolah dasar. AL-MUADDIB J. Kaji. Ilmu Kependidikan, 4(2), 135-146.
Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meiner Efrain Tangkulung, Harrychoon Angmalisang , Hiskia K. Manggopa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.