Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning PBL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar Dasar -Dasar Teknik Otomotif, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Ratahan pada mata pelajaran Dasar Dasar Teknik Otomotif DDTO setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning PBL Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah Quasi Experimental Design Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X TKR pada semester genap tahun ajaran 2024 2025 Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan pembagian menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol Instrumen utama yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk mengukur capaian belajar disertai dengan lembar observasi Teknik pengumpulan data melibatkan tes tertulis observasi dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif statistik deskriptif dan uji n gain serta metode inferensial yang mencakup uji normalitas uji homogenitas dan pengujian hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi K3LH dan Budaya Industri Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi Sig 2 tailed sebesar 0 000 yang lebih kecil dari = 0 05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima Rata rata nilai posttest kelas eksperimen tercatat sebesar 82 29 dengan rentang nilai antara 70 hingga 100 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata rata 72 50 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 65 < em>< p>

References

Ali A Apriyanto A Haryanti T Hidayah H 2024 Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21 PT Sonpedia Publishing Indonesia

Gulo W 2002 Metodologi penelitian Y Hardiwati Jakarta: Grasindo

Hattarina S Saila N Faradilla A Putri D R Putri R G A 2022 August Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan In Seminar Nasional Sosial Sains Pendidikan Humaniora SENASSDRA Vol 1 No 1 pp 181 192

Lismaya L 2019 Berpikir Kritis PBL: Problem Based Learning Media Sahbat Cendekia

Nuraeni N Syihabuddin S A 2020 Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif Jurnal BELAINDIKA Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan 2 1 19 20

Parwati N N Suryawan I P P Apsari R A 2023 Belajar dan pembelajaran PT RajaGrafindo Persada Rajawali Pers

Prijanto J H De Kock F 2021 Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11 3 238 251

Raharjo D 2018 Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah pbl di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal Cakrawala: Jurnal Pendidikan 87 104

Silmi B Fahyuni E F Astutik A P 2022 Analisis penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar PAI siswa sekolah dasar AL MUADDIB J Kaji Ilmu Kependidikan 4 2 135 146

Supardi U S 2015 Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 3

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning PBL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR SMK Negeri 1 Ratahan. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 694 701. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/12028