Pengaruh Penerapan Teaching Factory terhadap Kesiapan Kerja Siswa di SMK Katolik St. Familia Tomohon

Authors

  • Nova Lanny Lumowa Universitas Negeri Manado
  • Hendro M. Sumual Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaradase Universitas Negeri Manado

Keywords:

Teaching Factory, Kesiapan Kerja, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Teaching Factory terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Katolik St. Familia Tomohon. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui istrumen kuesioner. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, sumbangan penerapan Teaching Factory terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 98,9 % sedangkan sisanya ditentukan oleh variable lain yang tidak menjadi kajian dalam penelitian ini. Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung positif penerapan Teaching Factory terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Katolik St. Familia Tomohon. Artinya, penerapan Teaching Factory dapat menyebabkan meningkatnya kesiapan kerja siswa. Untuk itu mengingat pengaruh Teaching Factory terhadap kesiapan kerja sangat besar, maka diharapkan semua Sekolah Menegah Kejuruan untuk melaksanakan pembelajarab berbasis Teaching Factory.

References

Ahillah, N., Saputra, H. H., Mustari, M., Fahruddin, F., & Wilian, S. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory dalam Meningkatkan Mutu Sekolah: Studi Kasus SMKN 2 Sekotong Bidang Pariwisata. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1824-1829.

Bagit, I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(6), 860-873.

Dewi, Z. R., Ulfatin, N., & Timan, A. (2025). Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri Melalui Program Teaching Factory: Strategi Sekolah dalam Penyelarasan Kompetensi Peserta Didik dengan Kebutuhan IDUKA. Proceedings Series of Educational Studies, 441-446.

Fahrul, F. P. S., Waliulu, H., & Sugi, L. (2025). Manajemen Manajemen Strategi Sekolah Unggul Di Daerah Tertinggal: Studi Kasus Sekolah Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Ambon: Manajemen strategi, pusat keunggulan, pendidikan vokasi, daerah tertinggal, SWOT, SMK Muhammadiyah Ambon.

Harbes, B., Sesmiarni, Z., Charles, C., Ahida, R., Iswantir, I., Aprison, W., & Armedo, M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) di SMK Negeri 1 Batipuh. Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 9-16.

Kaparang, D. R., Ilyas, R., & Pratasik, S. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 696-703.

Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438-448.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan model teaching factory di Sekolah Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Perdana, N. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran model teaching factory dalam upaya peningkatan mutu lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Saputri, T. A., Sutomo, B., & Amelia, A. (2025). MENINGKATKAN EFEKTIVITAS TEACHING FACTORY DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN KECERDASAN BUATAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 3(2), 377-383.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152-167.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Lumowa, N. L., Sumual, H. M., & Takaradase, A. (2025). Pengaruh Penerapan Teaching Factory terhadap Kesiapan Kerja Siswa di SMK Katolik St. Familia Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(3), 729-734. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/12340