PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN WAN SISWA KELAS SMK

Authors

  • Rindawan Siniakon Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marthinus Maxi Mintjelungan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2177

Keywords:

Metode Demonstrasi, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing terdiri dari tahap Perencanaan (Planing), Pelaksanaan (Action), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflekcting). Penilaian proses diperoleh dari keaktifan siswa, perhatian, kedisiplinan, dan kesopanan siswa dalam proses pembelajaran. Data hasil pra tindakan atau sebelum diterapkannya pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi (Pra Siklus) diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 28,57%. Kemudian setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siklus I terjadi peningkatan hasil belajardengan persentase 66,66%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 95,23%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi dapat mmeningkatkan Hasil Belajar Jaringan WAN SMK.

References

Bahri, D. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Dosen, P. (2021). Pengertian hasil belajar menurut para ahli. Retrieved from dosenpendidikan.co.id: https://www.dosenpendidikan.co.id/hasil-belajar/

Darhim, A. R. (2006). Materi Pokok Media Pembelajaran. Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka. Jakarta.

Hamdan, T. A., & Khader, F. (2015). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. International Journal of Humanities and Social Science, 5 (3), 130-137.

Jhon, & dewi. (2021). Pengertian hasi belajar. Retrieved from silabus.web.id: https://www.silabus.web.id/pengertian-hasil-belajar/

Knaack, L. (2015). Enhancing Your Programs and Courses through Aligned Learning Outcomes. Vancouver: Vancouver Island University.

Mangkey, A. C. J., Rantung, V. P., & Sojow, L. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komposisi Foto Digital Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 63-69.

Popenici, S., & Millar, V. (2015). Writing Learning Outcomes: A Practical Guides for Academics. Melbourne: Melbourne Centre for the Study of Higher Education.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impek minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan menejemen perkantoran, 6.

Rusminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departement Nasional. Jakarta.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 39-45.

Syah, M. (2000). Pengertian Metode Demonstrasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Trianto, (2012). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wasti, S. (2013). hubungan minat belajar dan hasil belajar. ejurnal.unp, 2.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN WAN SISWA KELAS SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 342-349. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2177