PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN WAN SISWA KELAS SMK

Authors

  • Rindawan Siniakon Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marthinus Maxi Mintjelungan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2177

Keywords:

Metode Demonstrasi, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian masing masing terdiri dari tahap Perencanaan Planing Pelaksanaan Action Observasi Observing dan Refleksi Reflekcting Penilaian proses diperoleh dari keaktifan siswa perhatian kedisiplinan dan kesopanan siswa dalam proses pembelajaran Data hasil pra tindakan atau sebelum diterapkannya pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi Pra Siklus diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 28 57 Kemudian setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siklus I terjadi peningkatan hasil belajardengan persentase 66 66 Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 95 23 Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi dapat mmeningkatkan Hasil Belajar Jaringan WAN SMK < em>< p>

References

Bahri D S 2002 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Dosen P 2021 Pengertian hasil belajar menurut para ahli Retrieved from dosenpendidikan co id: https: www dosenpendidikan co id hasil belajar

Darhim A R 2006 Materi Pokok Media Pembelajaran Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka Jakarta

Hamdan T A Khader F 2015 Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses International Journal of Humanities and Social Science 5 3 130 137

Jhon dewi 2021 Pengertian hasi belajar Retrieved from silabus web id: https: www silabus web id pengertian hasil belajar

Knaack L 2015 Enhancing Your Programs and Courses through Aligned Learning Outcomes Vancouver: Vancouver Island University

Mangkey A C J Rantung V P Sojow L 2021 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komposisi Foto Digital Siswa Smk Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 3 63 69

Popenici S Millar V 2015 Writing Learning Outcomes: A Practical Guides for Academics Melbourne: Melbourne Centre for the Study of Higher Education

Ricardo Meilani R I 2017 Impek minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Jurnal pendidikan menejemen perkantoran 6

Rusminiati 2007 Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departement Nasional Jakarta

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45

Syah M 2000 Pengertian Metode Demonstrasi Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana 2004 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Trianto 2012 Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik Jakarta: Prestasi Pustaka

Wasti S 2013 hubungan minat belajar dan hasil belajar ejurnal unp 2

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN WAN SISWA KELAS SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 342 349. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2177