PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK

Authors

  • Grainife George Eqisfilano Moningka Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2791

Keywords:

Model pembelajaran berbasis proyek, siswa, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK Negeri 3 Tondano. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang terdiri dari 2 kelas yaitu X TKJ 1 berjumlah 20 Siswa sebagai kelas kontrol dan X TKJ 2 berjumlah 20 Siswa sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk design post-test Control Group Design. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,513. untuk ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 20 + 20 – 2 =38 dan taraf nyata α = 0,05 maka diperoleh nilai ttabel = 2,024 menunjukkan bahwa thitung > ttabel = 6,513 > 2,015 di sesuaikan dengan kriteria maka  di tolak dan  diterima karena thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian dapat di simpulkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar posttest kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan hasil belajar posttest kelas kontrol dengan metode Ceramah.

References

Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 267-286.

Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

George, L. (2005). Instructional Module Project Based Learning.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Poerwardaminta, W. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Riduwan, M. B. A. (2012). Belajar Mudah Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.: Informatika.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 39-45.

Sagala. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2003). strategi pembelajaran kontemporer. PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti. (2008). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. UNPAS

Syah, M. (2000). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tumuyu, C., Palilingan, V.R., & Wowuruntu, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa SMK. Vol 1(4), 238-252.

Winkel, W. S. (1983). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Gramedia.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Moningka, G. G. E., Liando, O. E. S., & Manggopa, H. K. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 439-451. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2791