PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PLATFORM ANDROID PADA MATA PELAJARAN PPKN SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2922Keywords:
Media Pembelajaran, Android, MDLCAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran PPKN kelas X SMK Negeri 1 Tondano yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system MDLC (Multimedia Development Life Cyle) yang memilliki enam tahapan pengembangan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia interaktif platform android pada mata pelajaran PPKN kelas X SMK Negeri 1 Tondano, dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informative bagi guru dan dapat membantu siswa dalam proses belajar. Aplikasi ini menggunakan dasar pemrograman Adobe Action Script 3.0 pada Flash dengan OS Android.
References
Arsyad, A (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Briggs, L. J. (1970). Selecting Objectives and Media for Urban Education. Educational Technology, 10(10), 34-36.
Chuang, K. Y., & Yang, C. C. (2014). Informational support exchanges using different computer‐mediated communication formats in a social media alcoholism community. Journal of the Association for Information Science and Technology, 65(1), 37-52.
Djamen, A. C., & Pratasik, S. (2020). Pembangunan Aplikasi Arsip Pegawai PT. PLN Persero Wilayah Suluttenggo. CogITo Smart Journal, 6(1), 60-72.
Gagne, R. M. (1970). Learning Theory, Educational Media, and Individualized Instruction.
Hakim, Z. (2012). Sejarah Adobe Photoshop. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Hamalik, O. (1994). Media pendidikan. Bandung: Citra aditya bakti.
Hartanto, W. (2016). Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning (M-Learning): Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik.
Li, F., Yang, Y., & Wu, J. (2010). CPMC: An Efficient Proximity Malware Coping Scheme In Smartphone-Based Mobile Networks. Proceedings IEEE INFOCOM (pp. 1-9). IEEE.
Madcoms, M. (2013). Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Winkel, W. S. (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.