ANALISIS KENDALA DAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3297Keywords:
Pembelajaran Daring, Kendala, Alternatif, Covid-19Abstract
Permasalahan utama dalam Penelitian ini adalah 1). Apakah kendala yang dialami Sekolah SMK Negeri 1 Lolak selama proses pembelajaran Daring; 2). Bagaimanakah alternative yang dipilih oleh Sekolah selama proses pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Lolak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian deskriptif Kualitatif dimana akan di lakukan analisis kendala serta Alternatif pada proses pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19 di SMK Negeri 1 Lolak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan Observasi. Hasil penelitian di temukan adalah terdapat kendala selama proses pembelajaran daring, kendala yang dialami oleh guru selama proses pembelajaran daring yaitu siswa kurang memahami materi pembelajaran. Serta kendala yang dialami oleh siswa adalah kurang bagus jaringan internet dan keterbatasa kuota internet sehingga mereka tidak terlalu memahami pembelajaran. Sedangkan alternative yang diberikan oleh sekolah selama pembelajaran daring adalah melaksanakan pembelajaran tatap muka setiap minggu sekali dan membatasi jumlah kelas selama pembelajaran di SMK Negeri 1 Lolak.
References
Ahmadi, A., & Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amar's, I. P. I. (2020). Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Swasta YAPIM Taruna Dolok Masihul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo.
Masrul, M., dkk. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19. TARBAWY Indones. J. Islam. Educ, 6(2), 187-192.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275.
Zein, A. (2021). Pendeteksian virus corona dalam gambar x-ray menggunakan algoritma artificial intelligence dengan deep learning python. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 15(1).
Zendrato, W. (2020). Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242-242.