ANALISIS KENDALA DAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Rahmika Elfa Pusung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3297

Keywords:

Pembelajaran Daring, Kendala, Alternatif, Covid-19

Abstract

Permasalahan utama dalam Penelitian ini adalah 1 Apakah kendala yang dialami Sekolah SMK Negeri 1 Lolak selama proses pembelajaran Daring; 2 Bagaimanakah alternative yang dipilih oleh Sekolah selama proses pembelajaran daring pada masa Covid 19 di SMK Negeri 1 Lolak Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian deskriptif Kualitatif dimana akan di lakukan analisis kendala serta Alternatif pada proses pembelajaran daring selama masa pandemic Covid 19 di SMK Negeri 1 Lolak Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dokumentasi dan Observasi Hasil penelitian di temukan adalah terdapat kendala selama proses pembelajaran daring kendala yang dialami oleh guru selama proses pembelajaran daring yaitu siswa kurang memahami materi pembelajaran Serta kendala yang dialami oleh siswa adalah kurang bagus jaringan internet dan keterbatasa kuota internet sehingga mereka tidak terlalu memahami pembelajaran Sedangkan alternative yang diberikan oleh sekolah selama pembelajaran daring adalah melaksanakan pembelajaran tatap muka setiap minggu sekali dan membatasi jumlah kelas selama pembelajaran di SMK Negeri 1 Lolak < em>< p>

References

Ahmadi A Widodo S 2004 Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta

Amar s I P I 2020 Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Swasta YAPIM Taruna Dolok Masihul Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Anggito A Setiawan J 2018 Metodologi penelitian kualitatif CV Jejak Jejak Publisher

Atsani K L G M Z 2020 Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID 19 Al Hikmah: Jurnal Studi Islam 1 1 82 93

Bilfaqih Y Qomarudin M N 2015 Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring Deepublish

Handarini O I Wulandari S S 2020 Pembelajaran daring sebagai upaya study from home SFH selama pandemi covid 19 Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP 8 3 496 503

Haris A Jihad A 2013 Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo

Masrul M dkk 2020 Pandemik COVID 19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia Yayasan Kita Menulis

Milles M B Huberman A M 1992 Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru Jakarta: UIP

Sadikin A Hamidah A 2020 Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 Online Learning in the Middle of the Covid 19 Pandemic Biodik 6 2 214 224

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Setiawan A R Puspaningrum M Umam K 2019 Pembelajaran daring di tengah wabah COVID 19 TARBAWY Indones J Islam Educ 6 2 187 192

Sugiyono P 2011 Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R D Alpabeta Bandung

Sujarweni V W 2014 Metode penelitian: Lengkap praktis dan mudah dipahami

Tethool G Paat W R L Wonggo D 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 268 275

Zein A 2021 Pendeteksian virus corona dalam gambar x ray menggunakan algoritma artificial intelligence dengan deep learning python Jurnal ESIT E Bisnis Sistem Informasi Teknologi Informasi 15 1

Zendrato W 2020 Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid 19 Jurnal Education and development 8 2 242 242

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

ANALISIS KENDALA DAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 719 730. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3297