Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4684Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Prestasi Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kakas. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sensus. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 30 responden yakni seluruh guru di SMK Negeri 1 Kakas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana. Pengolahan data ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the social Sciens) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Preatasi Belajar Ssiswa. Secara simultan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Preatasi Belajar Ssiswa.
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid- 19. IJES: Indonesian Journal of Education Science.
Hermansyah, I., & Marliana, R. (2019). Peran Kompetensi Staf Akuntansi Dalam Pencapaian Kualitas Informasi Keuangan Daerah (Sensus Pada Kantor Kecamatan Kota Tasikmalaya). Jurnal Akuntansi, 14(2), 60-66.
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.
Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Poerwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Rahim, U. (2010). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Pendekatan Struktural Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII2 SMPN 4 Kendari. Jurnal MIPMIPA, 9.
Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital.
Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang).
Rondonuwu, S. N. N. D., Sumayku, J., & Takaredase, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 205-211.
Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19-27.
Sugiyono (2002), Metode Penelitian Bisnis.