Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK

Authors

  • Rivaldo Frids Kampong Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5250

Keywords:

Media Video Youtube, Hasil Belajar, Eksperimen Semu, Non-Equivalent Control Group Design

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni mendapatkan data tentang pengaruh media video youtube terhadap hasil belajar siswa Kelas X SMK Negeri 3 Bitung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TIK, sedangkan sampel penelitian berjumlah 40 siswa, yang terbagi kedalam dua kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Teknik analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh t-hitung=5,678 dan t-tabel=1,687. Hasil t-hitung lebih dari t-tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video youtube terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran KKPI SMK Negeri 3 Bitung.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. rev. ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman, D., (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Delfisanur, D. Y. S., & Hasanuddin, A. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi youtube terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran mesin konversi energi di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Sumber, 72, 52.

Helianthusonfri, J. (2016). YouTube Marketing. Elex Media Komputindo.

Herwibowo, Y. (2008). You Tube. Bentang Pustaka.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Jalmur, N. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Kencana.

Lintong, M., (2010). Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Cahaya Pineleng.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Saraswati, E. (2018). Peran youtube dalam menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA.

Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar proses mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA.

Wilson, A. (2015). YouTube in the Classroom. A research paper submitted in conformity with the requirements for the degree of Master of Teaching, Department of Curriculum. Teaching and Learning, Ontario Institute for Studies in Education of the University of Toronto.

Zaman, B. (2020). Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13-27.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Kampong, R. F., Komansilan, T., Togas, P. V., & Ratumbuisang, K. F. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 308-318. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5250