Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5250Keywords:
Media Video Youtube, Hasil Belajar, Eksperimen Semu, Non-Equivalent Control Group DesignAbstract
Tujuan dari penelitian ini yakni mendapatkan data tentang pengaruh media video youtube terhadap hasil belajar siswa Kelas X SMK Negeri 3 Bitung Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan penelitian non equivalent control group design Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TIK sedangkan sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang terbagi kedalam dua kelas dengan masing masing kelas berjumlah 20 siswa Teknik analisis menggunakan uji t Berdasarkan penelitian diperoleh t hitung=5 678 dan t tabel=1 687 Hasil t hitung lebih dari t tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video youtube terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran KKPI SMK Negeri 3 Bitung < em>< p>
References
Arsyad A 2014 Media Pembelajaran rev ed Jakarta: Raja Grafindo Persada
Aunurrahman D 2009 Belajar dan pembelajaran Bandung: Alfabeta
Delfisanur D Y S Hasanuddin A 2020 Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi youtube terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran mesin konversi energi di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan Sumber 72 52
Helianthusonfri J 2016 YouTube Marketing Elex Media Komputindo
Herwibowo Y 2008 You Tube Bentang Pustaka
Iwantara I W Sadia I W Suma K 2014 Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 4 1
Jalmur N 2016 Media dan sumber pembelajaran Kencana
Lintong M 2010 Mutu Pendidikan di Indonesia Jakarta: Cahaya Pineleng
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Saraswati E 2018 Peran youtube dalam menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA
Sudjana N 2002 Dasar dasar proses mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar
Sugiyono D 2013 Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D
Wigati S Rahmawati D S Widodo S A 2018 Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA
Wilson A 2015 YouTube in the Classroom A research paper submitted in conformity with the requirements for the degree of Master of Teaching Department of Curriculum Teaching and Learning Ontario Institute for Studies in Education of the University of Toronto
Zaman B 2020 Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI Jurnal As Salam 4 1 13 27
