Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon

Authors

  • Rhezza Tezzar Maun Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Stralen Pratasik Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5347

Keywords:

Multimedia, Multimedia Pembelajaran, Pembelajaran IPAS

Abstract

Pembelajaran Proyek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) menggunakan media konvensional dapat membuat siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia pembelajaran Proyek IPAS untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu Concept, Desgin, Obtaining Content Material, Assembly dan Distribution, untuk menghasilkan Multimedia pembelajaran Proyek IPAS. Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis komputer ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar juga akan meningkat.

References

Abu, A. (2022). Teori Budaya Sosial Dan Politik.

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.

Amelia, D. P., & Harahap, A. (2021). Application of interactive multimedia-based mathematics learning media to increase students’ interest in learning. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3153-3161.

Asyamsiyah, S. F., Ahmad C., & Sutama, M. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Pada Kelas 5 Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Auliaty, Y., Iasha, V., & Siregar, Y. E. Y. (2021). Development of QR Code-Based Learning Multimedia to Improve Literature of Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 359-369.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Dilmurod, R., & Elmira, N. (2020). The use of multimedia technologies in the educational system and teaching methodology: problems and prospects. International Journal of Discourse on Innovation, Integration and Education, 1(2), 28-32.

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.

Makapedua, C. S., Wonggo, D., & Komansilan, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 364-377.

Munir. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.

Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.

Pratasik, S. (2019). Perancangan Sistem Business Intelligence Pada Palang Merah Indonesia Daerah Sulawesi Utara. FRONTIERS: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2).

Priyanto, D. (2009). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 92-110.

Supari, K. P., Kenap, A. A., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 700-708.

Vidayanti, M. P., Eliyani, O., Rahmadani, D., Putri, R. D., & Nugroho, P. B. (2022). Pendampingan Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dengan Pertumbuhan Kangkung Darat Menggunakan Pupuk Organik Berbahan Dasar Kotoran Kambing. Griya Cendikia, 7(1), 14-20.

Wang, M., Lin, Y., Tian, Q., & Si, G. (2021). Transfer learning promotes 6G wireless communications: Recent advances and future challenges. IEEE Transactions on Reliability, 70(2), 790-807.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijaya, R. E., Mustaji, M., & Sugiharto, H. (2021). Development of Mobile Learning in Learning Media to Improve Digital Literacy and Student Learning Outcomes in Physics Subjects: Systematic Literature Review. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3087-3098.

Zhang, G. (2021, December). Development of Multimedia Communication Terminal Technology under Big Data Technology. In 2021 International Conference on Aviation Safety and Information Technology (pp. 384-388).

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 438-448. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5347