Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Jaringan Komputer di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Authors

  • Inry Paskawati Samalukang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5827

Keywords:

Media pembelajaran, Praktikum, MDLC, Jaringan Komputer

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran mata kuliah praktikum jaringan komputer dijurusan PTIK Universitas Negeri manado. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari 6 tahap yaitu, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran mata kuliah praktikum jaringan komputer dijurusan PTIK Universitas Negeri Manado yang telah diuji dengan menggunakan metode Blackbox Testing dan mendapatkan hasil yang baik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi berlangsung.

References

Ally, M. (2009). Mobile Learning: Transforming the Delivery of Education and Training. Canada: Athabasca university Press.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Ando Offset.

Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S. & Aquino, L. B., (2014). Ubquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. Journal Of Research In Engineering and Technology, 2(2), Pp. 119-128.

Chuang, Y. T., (2014). Increasing Learning Motivation & Student Engagement Through The Technology-Supported Learning Environment. Creative Education, 5, 1969-1978.

Jinglong, Dkk. (2012). Mobile Learning Research-based Intellegent Mobile Phone and 3G Network. Jurnal IEEE.

Keskin, N. O. & Metcalf, D. (2011). The Current Perspective, Theories, And Practices Of Mobile Learning. The Turkish Online Journal Of Educational Technology (TOJET).10(2).

Kustanto, & Saputro, D, T. (2015). Belajar Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik OS. Yogyakarta: Gava Media.

Lazarowitz, R & P. Tamir. (1994). Research On Using Laboratory Instruction In Science. Handbook Of Research On Science Teaching & Learning. Edited By: D. L, Babel. New York: Macmillan Publishing Company.

Liando, O. E. S., (2022). Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2).

Nabil, N., (2020). Dinamika Guru Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.

Prawitasari, M., & Susanto, H., (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Education Development, 9(4), 173-177.

Purwantoro, S., Rahmawati, H. & Tharmizi, A., (2013). Aplikasi Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal Politeknik Caltex Riau, Volume 1, p. 177.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Samalukang, I. P., Liando, O. E. S., & Paat, W. R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Jaringan Komputer di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 594-602. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5827