Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Moh Rafdi Riziq Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5835

Keywords:

Blended Learning, Hasil belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design. Jumlah populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad yang berjumlah 32 siswa. Nilai rata-rata skor tes awal pretest sebelum diberikan perlakuan adalah 61.375. nilai skor minimum 50 dan maksimum 75. Untuk tes akhir posttest yang menggunakan pembelajaran Blended Learning memperoleh peningkatan nilai rata-rata 84.90625 nilai skor minimum 75 dan maksimum 95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad.

References

Akib, H., Guntur, M., & Salam, R. (2016). Civitas Academic Perception of “Blissful Services" for Recipient Postgraduate Program State University of Makassar, Indonesia. In International Conference on Public Organization VI (ICONPO VI) (pp. 340-350).

Amin, A. (2018). Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah. Samudra Biru.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.

Mandey, L., Tambingon, H., Rotty, V. N., & Pratasik, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 168-176.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.cv.

Politon, V. C. H., Manoppo, C. T. M., & Waworuntu, J. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Digital Pada Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 542-556.

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.

Rizkiyah, A. (2015). Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).

Sangeroki, N. G., Kaparang, D. R., & Rompas, P. T. D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 319-331.

Saripuddin, U. W., & Sukamto, T. (1996). Teori-teori Belajar dan Model-model Pembelajaran untuk peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional. Jakarta: Ditjen DIKTI.

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(2).

Thorne, K. (2003). Blended learning: how to integrate online & traditional learning. Kogan Page Publishers.

Turugare, M., & Rudhumbu, N. (2020). Integrating technology in teaching and learning in universities in Lesotho: opportunities and challenges. Education and Information Technologies, 25(5), 3593-3612.

Watson, J. (2008). Blended Learning: The Convergence of Online and Face-to-Face Education. Promising Practices in Online Learning. North American Council for Online Learning.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Riziq, M. R., Mewengkang, A., & Togas, P. V. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 615-621. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5835