Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5835Keywords:
Blended Learning, Hasil belajar, Komputer dan Jaringan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design. Jumlah populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad yang berjumlah 32 siswa. Nilai rata-rata skor tes awal pretest sebelum diberikan perlakuan adalah 61.375. nilai skor minimum 50 dan maksimum 75. Untuk tes akhir posttest yang menggunakan pembelajaran Blended Learning memperoleh peningkatan nilai rata-rata 84.90625 nilai skor minimum 75 dan maksimum 95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad.
References
Akib, H., Guntur, M., & Salam, R. (2016). Civitas Academic Perception of “Blissful Services" for Recipient Postgraduate Program State University of Makassar, Indonesia. In International Conference on Public Organization VI (ICONPO VI) (pp. 340-350).
Amin, A. (2018). Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah. Samudra Biru.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.
Mandey, L., Tambingon, H., Rotty, V. N., & Pratasik, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 168-176.
Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.cv.
Politon, V. C. H., Manoppo, C. T. M., & Waworuntu, J. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Digital Pada Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 542-556.
Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).
Sangeroki, N. G., Kaparang, D. R., & Rompas, P. T. D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 319-331.
Saripuddin, U. W., & Sukamto, T. (1996). Teori-teori Belajar dan Model-model Pembelajaran untuk peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional. Jakarta: Ditjen DIKTI.
Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(2).
Thorne, K. (2003). Blended learning: how to integrate online & traditional learning. Kogan Page Publishers.
Turugare, M., & Rudhumbu, N. (2020). Integrating technology in teaching and learning in universities in Lesotho: opportunities and challenges. Education and Information Technologies, 25(5), 3593-3612.
Watson, J. (2008). Blended Learning: The Convergence of Online and Face-to-Face Education. Promising Practices in Online Learning. North American Council for Online Learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Rafdi Riziq, Alfrina Mewengkang, Peggy Veronica Togas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.