Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Moh Rafdi Riziq Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5835

Keywords:

Blended Learning, Hasil belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design Jumlah populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad yang berjumlah 32 siswa Nilai rata rata skor tes awal pretest sebelum diberikan perlakuan adalah 61 375 nilai skor minimum 50 dan maksimum 75 Untuk tes akhir posttest yang menggunakan pembelajaran Blended Learning memperoleh peningkatan nilai rata rata 84 90625 nilai skor minimum 75 dan maksimum 95 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri Motongkad < em>< p>

References

Akib H Guntur M Salam R 2016 Civitas Academic Perception of Blissful Services for Recipient Postgraduate Program State University of Makassar Indonesia In International Conference on Public Organization VI ICONPO VI pp 340 350

Amin A 2018 Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Samudra Biru

Hake R R 1999 Analyzing change gain scores

Mandey L Tambingon H Rotty V N Pratasik S 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8 2 168 176

Munir 2009 Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi Bandung: Alfabeta cv

Politon V C H Manoppo C T M Waworuntu J 2021 Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Digital Pada Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 542 556

Pratasik S Ahyar B M 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 359 373

Rizkiyah A 2015 Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 1 1 JKPTB 15

Sangeroki N G Kaparang D R Rompas P T D 2022 Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 319 331

Saripuddin U W Sukamto T 1996 Teori teori Belajar dan Model model Pembelajaran untuk peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional Jakarta: Ditjen DIKTI

Syarif I 2012 Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Jurnal pendidikan vokasi 2 2

Thorne K 2003 Blended learning: how to integrate online traditional learning Kogan Page Publishers

Turugare M Rudhumbu N 2020 Integrating technology in teaching and learning in universities in Lesotho: opportunities and challenges Education and Information Technologies 25 5 3593 3612

Watson J 2008 Blended Learning: The Convergence of Online and Face to Face Education Promising Practices in Online Learning North American Council for Online Learning

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 86 92. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5835