Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Saldy Tahulending Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5839

Keywords:

Pembelajaran Daring, Penelitian Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design, Hasil Belajar

Abstract

Penetilian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Yadika Manado Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan populasi sebanyak 44 orang siswa kelas X SMK Yadika Manado dan sampel berjumlah 44 orang yang dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing masing berisi 22 siswa Berdasarkan < em>data < em>hasil < em>post test < em>diperoleh thitung< sub> = < em>2 291< em> lt; ttabel< sub> < em>2 011< em> hal ini menunjukkan bahwa tidak cukup bukti untuk menerima H< em>0< sub>< em> sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar computer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Yadika Manado < em>< p>

References

Alimuddin A Nadjib M 2015 Intensitas Penggunaan E learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana S1 di Univeristas Hasanuddin KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi 387 398

Banggur M D V Situmorang R Rusmono R 2018 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia JTP Jurnal Teknologi Pendidikan 20 2 152 165

Bilfaqih H Qomarudin M N 2015 Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring Deepublish

Hamid R Sentryo I Hasan S 2020 Online learning and its problems in the Covid 19 emergency period Jurnal Prima Edukasia 8 1 86 95

Isman M 2017 Pembelajaran Moda dalam Jaringan Moda Daring The Progressive and Fun Education Seminar 586 588

Kurtarto E 2017 Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Journal Indonesian Language Education and Literature 1 2 207 220 https: www syekhnurjati ac id jurnal index php jeill article view 1820

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Nambiar D 2020 The impact of online learning during COVID 19: students and teachers perspective The International Journal of Indian Psychology 8 2 783 793

Rahyubi H 2014 Teori teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Penerbit Nusa Media

Setiawan M A 2017 Belajar dan pembelajaran Uwais Inspirasi Indonesia

Sobron A N Bayu R 2019 Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 1 2 30 38

Sudjana N 2004 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Sinar Baru Algensindo

Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di SD Kencana Prenada mmedia Group

Xhelili P Ibrahimi E Rruci E Sheme K 2021 Adaptation and Perception of Online Learning during COVID 19 Pandemic by Albanian University Students International Journal on Studies in Education 3 2 103 111 https: doi org 10 46328 ijonse 49

Zhafira N H Yenny E Chairiyaton 2020 Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid 19 Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 4 1 37 45

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 75 85. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5839