Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5839Keywords:
Pembelajaran Daring, Penelitian Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design, Hasil BelajarAbstract
Penetilian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Yadika Manado. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan populasi sebanyak 44 orang siswa kelas X SMK Yadika Manado dan sampel berjumlah 44 orang yang dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berisi 22 siswa. Berdasarkan data hasil post-test diperoleh thitung = 2,291< ttabel 2,011, hal ini menunjukkan bahwa tidak cukup bukti untuk menerima H0 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar computer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Yadika Manado.
References
Alimuddin, A., & Nadjib, M. (2015). Intensitas Penggunaan E-learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) di Univeristas Hasanuddin. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 387-398.
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.
Bilfaqih, H & Qomarudin, M, N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95.
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 586–588.
Kurtarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820
Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.
Nambiar, D. (2020). The impact of online learning during COVID-19: students’ and teachers’ perspective. The International Journal of Indian Psychology, 8(2), 783-793.
Rahyubi, H. (2014). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Penerbit Nusa Media.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Kencana Prenada mmedia Group.
Xhelili, P., Ibrahimi, E., Rruci, E., & Sheme, K. (2021). Adaptation and Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic by Albanian University Students. International Journal on Studies in Education, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.46328/ijonse.49
Zhafira, N. H., Yenny, E., & Chairiyaton. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.