Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5841Keywords:
Jaringan Komputer, Perancangan, ImplementasiAbstract
Pada penelitian ini dilakukan proses identifikasi di SMK Negeri 1 Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Proses indentifikasi ini memaparkan kondisi awal dimana sekolah tersebut memiliki beberapa Jumlah Guru yang mengarajar pada SMK Tersebut Dan Siswa/Siswi Yang Menenuntut ilmu di Sekolah Tersebut. Jumlah Guru = 43 yang di dalammnya tenanga guru laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 30 Siswa/siwi yang berjumlag 300 yang terbagi menjadi beberapa jurusan yang di dalamanya jurusan TKJ (Multi Media) berjumlah 100 siswa, jurusan mesin berjumlah 100 siswa dan siswa manajemen mikro berjumlah 100 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat peneliti ambil dengan merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer di SMK Negeri 1 Motoling Timur ialah SMK Negeri 1 Motoling Timur awalnya hanya menggunakan 1 laboratorium komputer yang memiliki 40 unit komputer dan kecepatan internet 20 mbps yang hanya digunakan pada 1 komputer saja, melalui penelitian ini maka rekomendasi mengenai tatakelola jaringan komputer yang lebih baik dapat dihasilkan.
References
Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Aydın, M. A., Zaim, A. H., & Ceylan, K. G. (2009). A hybrid intrusion detection system design for computer network security. Computers & Electrical Engineering, 35(3), 517-526.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.
Byabazaire, J., O’Hare, G., & Delaney, D. (2020). Data quality and trust: Review of challenges and opportunities for data sharing in iot. Electronics, 9(12), 2083.
Haryanto, E. V. (2012). Jaringan Komputer. Penerbit Andi.
Juwaini, M., & Rejokirono, R. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Praktik di SMK NI Wonosari Gunungkidul. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 213-226.
Kabenarang, J. H., Pardanus, R. H. W., & Parinsi, M. T. (2022). Analisis dan Perancangan Jaringan Wireless Local Area Network di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 332-344.
Kamoun, F., & Kleinrock, L. (1980). Analysis of shared finite storage in a computer network node environment under general traffic conditions. IEEE Transactions on communications, 28(7), 992-1003.
Kim, H., & Feamster, N. (2013). Improving network management with software defined networking. IEEE Communications Magazine, 51(2), 114-119.
Kovalevskaia, N., Gilyazeva, E. N., Lobazova, O. F., Duborkina, I. A., & Sokolova, A. P. (2021). Impact of digital services of hybrid cloud-based learning environment on efficiency of education. Revista Tempos E Espaços Em Educação, 14(33), 19.
Sanjaya, T., & Setiyadi, D. (2019). Network Development Life Cycle (NDLC) Dalam Perancangan Jaringan Komputer Pada Rumah Shalom Mahanaim. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 4(1), 1-10.
Syafrizal, M. (2020). Pengantar jaringan komputer. Penerbit Andi.
Tangkowit, A. E., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). Analisis Dan Perancangan Jaringan Komputer Di Sekolah Menengah Pertama. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 69-82.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yulianeu, A., & Wahab, A. (2017). Simulasi Alat Bantu Pembelajaran Topologi Jaringan Secara Visual. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN), 4(1).