Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Rizky Wahyudi Haminu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5983

Keywords:

Penelitian Eksperimen, Model Problem Based Learning, Simulasi dan Komunikasi Digital, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran simulasi dan komunikasi digital pada kelas yang diajarkan dengan model Problem Based Learning di SMK Negeri Tumpaan Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Rancangan penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design Populasi adalah semua siswa kelas X Multimedia yang berjumalah 110 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling sampel yang diambil berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing kelas terdiri dari 25 siswa Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning Berdasarkan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrad ternyata kedua kelas terdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F ternyata diperoleh Fhitung< sub> lebih kecil dari Ftabel < sub>Dimana harga Fhitung < sub>= 1 019 dan Ftabel < sub>= 1 98 Jadi varians ragam dari kedua kelas dapat dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t diperoleh hasil perhitungan adalah: thitung< sub> = 2 6341 gt; ttabel< sub> = 2 013 dengan demikian H0< sub> ditolak pada taraf nyata 0 05 dan menerima H1 < sub> Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan cara belajar konvensional < em>< p>

References

Abidin Z 2020 Efektivitas pembelajaran berbasis masalah pembelajaran berbasis proyek literasi dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis Profesi Pendidikan Dasar 7 1 37 52

Anitah S 2007 Strategi pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka 1 12

Arikunto S 2010 Prosedur Prnrlitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati M 2013 Belajar pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik O 2006 Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara

Muntoha A dkk 2009 Strategi Pembelajaran Sarana Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Konsentrasi TIK UPI

Rusman 2015 Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta: Rajawali Pers

Rusmono R 2014 Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bogor: Ghalia Indonesia edisi kedua

Sa ud U S Makmun A S 2005 Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Shoimin A 2017 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurukulum 2013 Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Silaen S 2018 Metode Penelitian Sosial Untuk Penelitian Skripasi dan Tesis Bogor: Penerbit In Media

Sudjana N 2010 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rodakarya

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R B Bandung: Alfabeta

Suprijono 2013 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Komunikasi Digital Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 719 730. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5983