Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6340Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi DigitalAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X di SMK Negeri 3 Tondano < em>Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design < strong>Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano berjumlah 38 siswa Data dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan dari tes awal Pre test sebelum diterapkan model Problem Based Learning dan tes akhir Post test sesudah diterapkan model Problem Based Learning Berdasarkan uji normalitas data menggunakan < em>uji Shapiro Wilk< em> kedua sampel berdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data menggunakan SPSS diperoleh kedua kelas memiliki varians yang sama atau homogen Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan statistik uji t diperoleh < em> Maka keputusan 95 hasil belajar siswa yang diajar model Problem Based Learning berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar model konvensional Berdasarkan hasil post test kelas eksperimen dengan kelas kontrol < em>jatuh dalam wilayah kritis maka < em> nbsp;ditolak dan < em> nbsp;diterima Dari hasil analisis tersebut peneliti bisa menyimpulkan jika hasil belajar siswa pada kelas yang diajar model Problem Based Learning lebih positif dibandingkan dengan siswa pada kelas yang diajar model konvensional < em>< p>
References
Daryanto J 2018 Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar 6 1
Heinich R Molenda M Russel J D 1982 Instructional Media: and the New Technology of Intruction New York: John Wily and Sons
Kaawoan B P Mintjelungan M M Rompas P T D 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 6 659 664
Mudjiono D 2013 Belajar dan Pembelajaran Revisi PT Rineka Cipta
Sudrajat A 2008 Pengertian pendekatan strategi metode teknik dan model pembelajaran Bandung: Sinar Baru Algensindo 42
Rusman 2012 Model model pembelajaran mengembangkan profesional guru Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman 2019 Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 12 1 14 23
Saputra H 2021 Pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning Jurnal Pendidikan Inovatif 5 3
Soeprapto S 2013 Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan J Cakrawala Pendidikan 2 87792
Sugiyono 2008 Belajar Analisis Data Sampel Bandung: Alfabeta
Sujana I W C 2019 Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 1 29 39
Wahyudin D 2009 Pengantar Pendidikan Universitas Terbuka: Jakarta
Waworuntu J 2013 Buku Ajar Statistik PTIK LP2AI UNIMA Press
Wulandari B Surjono H D 2013 Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK Vol 3 Issue 2
