Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital

Authors

  • Emelia Kaseroan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6340

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi Digital

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X di SMK Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano berjumlah 38 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan dari tes awal (Pre-test) sebelum diterapkan model Problem Based Learning dan tes akhir (Post-test) sesudah diterapkan model Problem Based Learning. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan uji Shapiro-Wilk, kedua sampel berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data menggunakan SPSS, diperoleh kedua kelas memiliki varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan statistik uji t diperoleh . Maka keputusan 95% hasil belajar siswa yang diajar model Problem Based Learning berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar model konvensional. Berdasarkan hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol jatuh dalam wilayah kritis maka  ditolak dan  diterima. Dari hasil analisis tersebut, peneliti bisa menyimpulkan jika hasil belajar siswa pada kelas yang diajar model Problem Based Learning lebih positif dibandingkan dengan siswa pada kelas yang diajar model konvensional.

References

Daryanto, J. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).

Heinich. R., Molenda. M., Russel. J. D., (1982). Instructional Media: and the New Technology of Intruction. New York: John Wily and Sons.

Kaawoan, B. P., Mintjelungan, M. M., & Rompas, P. T. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 659-664.

Mudjiono, D. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Revisi). PT Rineka Cipta.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik dan model pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 42.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. J Cakrawala Pendidikan (2), 87792.

Sugiyono. (2008). Belajar Analisis Data Sampel. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 29-39.

Wahyudin, D. (2009). Pengantar Pendidikan. Universitas Terbuka: Jakarta.

Waworuntu, J. (2013). Buku Ajar Statistik PTIK. LP2AI UNIMA Press.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK (Vol. 3, Issue 2).

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Kaseroan, E., Sumual, H., & Liando, O. E. S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 850-859. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6340