Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK

Authors

  • Doni Saputra Siahaan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6453

Keywords:

Model Pembelajaran berbasis proyek, Hasil Belajar, Desain Grafis

Abstract

Pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat karena beberapa alasan antara lain karena kemampuannya mengangkat martabat dan kualitas hidup bangsa Pencapaian hasil belajar siswa merupakan tolak ukur keberhasilan pendidikan dalam kemajuan belajar mengajar di sekolah Model pembelajaran merupakan salah satu yang berdampak pada hasil belajar siswa Cara mengatasi rendahnya hasil belajar siswa adalah memanfaatkan model pembelajaran berbasis proyek Model pembelajaran berbasis proyek dipilih karena berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa Metode yang tepat dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif Dengan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran yang lebih kompleks realistik dan mampu menghasilkan sesuatu diharapkan model pembelajaran ini mampu melatih dan mengonstruksi kemampuan siswa Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan dari model pembelajaran berbasis proyek Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah siswa kelas XI SMK Cokroaminoto Kotamobagu dapat memperoleh nilai yang lebih baik pada kelas desain grafis percetakan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek Penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Cokroaminoto Kotamobagu terdiri dari 22 siswa dengan rincian jumlah siswa laki laki 4 orang dan perempuan 18 orang Hasil akhir yang didapat adalah penggunaan model berbasis proyek tersebut dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan siswa kelas XI SMK Cokroaminoto Kotamobagu < em>< p>

References

Abidin Y 2014 Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013 Bandung: PT Refika aditama

Arikunto S 2001 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Clark 1981 Pengertian definisi hasil belajar

Dalyono 2012 PsikologiPendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto H 2009 Ranah Kognitif Afektif dan Psikomotorik Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah S B Aswan Z 2014 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik O 1994 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru

Istarani Pulungan I 2015 Ensiklopedi Pendidikan Medan: CV Iscom Medan

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508 https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 115

Priansa D 2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Bandung: ALFABETA

Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Soedijarto 1993 Menuju Pendidikan Nasional yang relevan dan bermutu Jakarta: Balai Pustaka

Sudjana N 2009 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thomas J W 2000 A riview of Reasearch on PBL Vol 2

Tineti R Y 2018 Model Pembelajaran Berbasis Proyek PBP Yogyakarta: CV Budi Utama

Widyantini 2014 Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Yogyakarta: PPPTK

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 54 63. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6453