Peningkatan Motivasi Belajar Keahlian TKJ Siswa SMK Kristen 1 Tomohon

Authors

  • Rahayu Pinas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6863

Keywords:

Upaya Guru, Motivasi Belajar, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada upaya guru dalam memotivasi belajar keahlian TKJ siswa SMK Kristen 1 Tomohon Metode dalam penelitain ini adalah deskriptif kualitatif Instrument penelian adalah peneliti itu sendiri dengan sumber informasi guru keahlian TKJ waka kurikulum siswa dan orang tua siswa Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan 3 macam teknik yaitu observasi wawancara dan dokumentasi Setelah data diperoleh selanjutnya dilakukan analisa Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memotivasi belajar keahlian TKJ siswa SMK Kristen 1 Tomohon secara keseluruhan sangat baik dimana terlihat motivasi belajar siswa untuk belajar keahlian TKJ sangat besar Kemudian upaya guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi memberi nilai memberi pujian dan memberikan tugas kepada siswa menunjukkan semangat saat mengajar kemudian mengontrol dan memperhatikan siswa ketika sedang belajar Hambatan yang dialami oleh guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa yaitu karena teman seangkatan yang kurang baik perbedaan kemampuan siswa siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran faktor ekonomi kurangnya ilmu pengetahuan dari orang tua siswa yang tidak bisa membagi waktu belajar dan bermain Solusi yang digunakan guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa yaitu memisahkan tempat duduk siswa melakukan penanganan terhadap setiap siswa mengelilingi ruangan kelas untuk memperhatikan siswa memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah menyediakan alat dan fasilitas pembelajaran dan membatasi jam bermain anak Siswa keahlian TKJ merasa termotivasi karena adanya motivasi dan dorongan dari guru dan orang tua untuk belajar kapan pun dimanapun < em>< p>

References

Djaali 2013 Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Kompri 2016 Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa Bandung: PT Rosda Karya

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508 https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 115

Manizar E 2015 Peran guru sebagai motivator dalam belajar Tadrib 1 2 204 222

Marisa S 2019 Pengaruh motivasi dalam pembelajaran siswa upaya mengatasi permasalahan belajar Jurnal Taushiah 9 2 20 27 https: jurnal uisu ac id index php tsh article view 1786

Riduwan 2013 Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula Bandung: Alfabeta

Sanjaya W 2013 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sardiman A M 2012 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Press

Sardiman A M 2014 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Grafindo

Setiani A Priansa D J Kasmanah A 2015 Manajemen peserta didik dan model pembelajaran cerdas kreatif dan inovatif

Sugiyono D 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Tindakan

Suryana A Fathurrohman P 2012 Guru profesional Bandung: PT Refika Aditama

Syah M 2001 Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru

Uno H 2013 Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Peningkatan Motivasi Belajar Keahlian TKJ Siswa SMK Kristen 1 Tomohon. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 225 236. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6863