Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer di SMK Kristen 3 Tomohon

Authors

  • Ricardo Sandy Aalung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6900

Keywords:

Analisis, Perancangan, Jaringan Komputer, NDLC

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan komputer saat ini sudah semakin pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan layanan yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang jaringan komputer di SMK Kristen 3 Tomohon. Model penelitian menggunakan Network Development Life Cycle (NDLC) dengan enam tahapan yaitu analysis, desain, simulation prototype, implementation, monitoring dan management. Namun yang dilaksanakan hanya tahap pertama sampai dengan ketiga. Setelah dikembangkan melewati beberapa tahapan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan analisis dan perancangan desain jaringan ini, SMK Kristen 3 Tomohon telah memiliki 2 model perancangan untuk digunakan secara langsung serta perancangan ini di sertai estimasi biaya pengadaan alat, bahan dan pengerjaan jaringan komputer tersebut.

References

Fahri, M. (2017). Simulasi Jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) Menggunakan Pox Controller (Bachelor's thesis, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Goldman, H. G. (2010). Building secure, resilient architectures for cyber mission assurance. MITRE CORP MCLEAN VA.

Khadijah, K., & Hendra, Y. (2016). Analisa Perbandingan Manajemen Jaringan Berbasis Mikrotik Dengan Cisco Studi Kasus Universitas Almuslim. Jurnal TIKA, 1(3).

Magomedov, I. A., Khaliev, M. S., & Khubolov, S. M. (2020, November). The negative and positive impact of the pandemic on education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1691, No. 1, p. 012134). IOP Publishing.

Papaceda, D. D., Mewengkang, A., & Pratasik, S. (2023). Analisis dan Pengembangan Jaringan Komputer di SMK Negeri 8 Weda Halmahera Tengah. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 1-13.

Purwanto, E. (2015). Implementasi Jaringan Hotspot Dengan Menggunakan Router Mikrotik Sebagai Penunjang Pembelajaran (Studi Kasus: Smk Sultan Agung Tirtomoyo Wonogiri). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 20-27.

Purwanto, P., Kusrini, K., & Huizen, R. R. (2016). Manajemen Jaringan Internet Sekolah Menggunakan Router Mikrotik Dan Proxy Server. Respati, 11(32).

Rahman, M. K., Gazi, M. A. I., Bhuiyan, M. A., & Rahaman, M. A. (2021). Effect of Covid-19 pandemic on tourist travel risk and management perceptions. Plos one, 16(9), e0256486.

Sandova, D., & Prihantoro, C. (2021). Analisis Traffic pada Jaringan LAN Menggunakan MikroTik. Journal Scientific and Applied Informatics, 4(3), 329-337.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Selvaraj, A., Radhin, V., Nithin, K. A., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of pandemic based online education on teaching and learning system. International Journal of Educational Development, 85, 102444.

Wardhana, A. N. W., Yamin, M., & Aksara, L. F. (2017). Analisis Quality of Service (QoS) jaringan internet berbasis wireless LAN pada layanan Indihome. SemanTIK Tek. Inform, 3(2), 49-58.

Yudianto, M. J. N., & Noor, J. (2014). Jaringan komputer dan Pengertiannya. Ilmukomputer.com, 1, 1-10.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Aalung, R. S., Mewengkang, A., & Djamen, A. C. (2023). Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 182-190. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6900