Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Amurang
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6946Keywords:
Multimedia Pembelajaran, Dasar Desain Grafis, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dasar desain grafis dan mengetahui tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan berhasil dikembangkannya media pembelajaran interaktif. Tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukan hasil sangat layak dari ahli media dengan presentase 91% dan ahli materi memberi hasil 88% dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran ini sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar.
References
Anggraini, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Instalasi Jaringan Lan Berbasis Android Untuk Siswa Kelas XI SMK Budhi Warman 1 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis (edisi Revisi II). Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Chun. (2017). Adobe Animate CC 2017 merilis Kelas dalam Buku. AS: Sistem Adobe Tergabung.
Enterprise, J. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Fariz, R., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 304-310).
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pendemi. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education,3 (2), 178 - 189
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.
Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 212-223.
Sitorus, T. A., & Siregar, N. (2023). STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(1), 174-187.
Susilana, R. & Riyana, C. (2020). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5672-5684.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.