Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7000Keywords:
PTK, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas PTK Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 8 kali pertemuan Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung yang terdiri dari 32 orang siswa Data yang di ambil dalam penelitian in mencakup data tentang hasil belajar siswa dari ranah pengetahuan kognitif dan hasil belajar siswa dari ranah psikomotorik keterampilan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbsis masalah dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung Dapat dibuktikan dengan adannya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa sebesar 72 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa meningkat menjadi 94 Kemudian untuk siklus I persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa yaitu sebesar 75 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa meningkat menjadi 100 Bedasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bitung < em>< p>
References
Arikunto S Suhardjono Supardi 2006 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara
Farhana H Awiria A 2019 Penelitian tindakan kelas
Glazer E 2001 Problem based instruction In M Orey Ed Emerging perspective on learning teaching and technology Diambil dari http www coe uga edu epltt ProblemBasedInstruct htm
Malino J 2012 Definisi Pengertian Hasil Belajar Tersedia: http: juprimalino blogspot com 2012 02 definisipengertian hasilbelajar html [08 Februari 2013]
Mulyasa E 2014 Manajemen Berbasis Sekolah Edisi ke 15 Bandung: Rosda
Mutia 2017 Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Min 1 Teladan Palembang Uin Fatah Palembang
Paat W R L Rianto I Liando O E S 2022 Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Web di SMK Negeri 1 Ratahan Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 52 64
Perdana M P 2014 Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts Assyafi iyah Gondang Pada Materi Hubungan Sudut Pusat Panjang Busur Dan Luas Juring Dalam Pemecahan Masalah IAIN Tulungagung
Purwanto 2009 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Baca Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Baca
Rusman 2010 Model Model Pembelajaran Bandung: Raja Grafindo Persada
Sari W P Oktamarsetyani W 2016 Integrasi Pembelajaran Konsep SETS dengan CPS untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dalam Mengelola Sumber Daya Alam melalui Konservasi Prosiding Symbion 27 Agustus 2016 Yogyakarta: FKIP Universitas Ahmad Dahlan
Trianto 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Agresif Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Wulansari D N 2017 Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa antara Model Pembelajaran PBI dan CPS pada Konsep Keanekaragam Hayati Skripsi Jakarta: FKIP UIN Tarbiyah dan Keguruan
