Analisis Kesiapan Siswa Terhadap Penerapan Blended Learning di SMK Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7002Keywords:
Kesiapan Siswa, Blended Learning, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan siswa terhadap penerapan blended learning di SMK Negeri 1 Tondano Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif Penentuan informan yang dipilih dengan teknik simple random sampling Pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan angket kuesioner Metode analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa SMK Negeri 1 Tondano memperoleh hasil skor rata rata 4 19 yang berarti siap tapi masih butuhkan peningkatan berdasarlan tabel nilai dan kategori Aydin amp; Tasci di mana untuk skor ELR gt;3 4 adalah skor minimal yang harus di dapatkan untuk kesiapan penerapan ELR Variabel pengalaman memperoleh nilai 4 23 yang artinya siap penerapan blended learning dapat di lanjutkan Variabel kemampuan memperoleh nilai 4 24 yang artinya siap dan penerapan blended learning dapat di lanjutkan Variabel inovasi memperoleh nilai 4 02 yang artinya siap tapi membutuhkan sedikit peningkatan dalam penerapannya < em>< p>
References
Arikunto S 2013 Proseder Penelitian Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Aydin C H Tasci D 2005 Measuring readiness for E learning: Reflections from an emerging country Educational Technology and Society 8 4 244 257
Borotis S Poulymenakou A 2004 E learning readiness components: Key issues to consider before adopting e learning interventions In E Learn: World Conference on E Learning in Corporate Government Healthcare and Higher Education pp 1622 1629 Association for the Advancement of Computing in Education AACE
Hashim H Tasir Z 2014 April E learning readiness: A literature review In 2014 International Conference on Teaching and Learning in Computing and Engineering pp 267 271 IEEE
Nengrum T A Pettasolong N Nuriman M 2021 Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo Jurnal Pendidikan 30 1 1 12
Octavia S A 2020 Motivasi belajar dalam perkembangan remaja Deepublish
Rohayani A H 2015 A literature review: readiness factors to measuring e learning readiness in higher education Procedia Computer Science 59 230 234
Sari B K 2017 Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw
Safaringga V Lestari W D Aeni A N 2022 Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar Jurnal Basicedu 6 3 3514 3525
Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukardi S Rozi F 2019 Pengaruh model pembelajaran online dilengkapi dengan tutorial terhadap hasil belajar JIPI Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika 4 2 97 102
