Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D Berbasis Mobile

Authors

  • Pierre Wullur Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Charnila Desria Heydemans Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7607

Keywords:

Pengembangan dan Pengujian Kelayakan, Media Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini mengembangkan aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D berbasis mobile dengan tujuan membantu siswa SMK program keahlian Multimedia dalam pemahaman materi Animasi 2D dan 3D. Aplikasi ini diuji oleh seorang dosen ahli Pendidikan Teknik Informatika dari Universitas Negeri Manado dan seorang Guru Kelas XI SMK Negeri 1 Tondano. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan skor 91% pada Uji Media dan 87% pada Uji Materi, menunjukkan kelayakan isi aplikasi. Pengujian Blackbox Testing juga menghasilkan skor 100%, menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulannya, aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D Berbasis Mobile ini layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan dari Uji Media, Uji Materi, dan Blackbox Testing. Aplikasi ini dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran melalui animasi 2D dan 3D yang interaktif.

References

Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47-57.

Angelina, M., & Hamdun, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ta‘bīr Berbasis Permainan Uno Stacko pada Siswa MA Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 209–232.

Creighton, R. H. (2011). Unity 3D game development by example: beginner's guide: lite: get up and running as a Unity game developer. (No Title).

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 17-32.

Mahmud, N. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Munir, A., Qazi, I. A., Uzmi, Z. A., Mushtaq, A., Ismail, S. N., Iqbal, M. S., & Khan, B. (2013). Minimizing flow completion times in data centers. In 2013 Proceedings IEEE INFOCOM (pp. 2157-2165). IEEE.

Nasution, S., Nasution, A. H., & Hakim, A. L. (2019). Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D. It Journal Research and Development, 4(1), 46-60.

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan, (1), 57-69.

Warsita, B. (2013). Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam pemecahan masalah pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 72-94.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Wullur, P., Togas, P. V., & Heydemans, C. D. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D Berbasis Mobile. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 512-521. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7607