Peningkatan Hasil Belajar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dengan Model Project Based Learning Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7655Keywords:
Pembelajaran Berbasis Project, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengungkap apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa dapat lebih responsif dan bersemangat dalam mengikuti aktivitas belajar dan mampu mengembangkan sendiri keahlian baru yang akan didapatkan melalui aktivitas belajar Metode nbsp; penelitian nbsp; yang nbsp; digunakan nbsp; adalah eksperimen sedangkan desain penelitian penelitian nbsp; ini nbsp; adalah Nonequivalent nbsp; Control nbsp; Group Penelitian ini dijalankan dalam tiga fase yaitu pre test siswa kegiatan belajar mengajar dan post test guna mengetahui seberapa jauh pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi hasil belajar siswa Dimana data pre test untuk kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan mendapat nilai rata rata 41 8 sedangkan post test mendapat nilai 87 32 Hasil pre test kelas kontrol rata rata 39 82 sementara itu hasil post test rata rata 79 64 Dari hasil penelitian menunjukan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional < em>< p>
References
Arend B D 2007 Course assessment practices and student learning strategies in online courses Journal of Asynchronous Learning Networks 11 4 3 17
Barrett S 2011 Fostering Critical Thinking in Graduate Students through Internet Based Learning Journal of Arts Science Technology 4
Hadi I A 2017 Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektifitas pendidikan INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 1 1 71 92
Mulyatiningsih E Santoso D Usman T 2013 Buku Ajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Puspitasari 2020 Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Pandawa 2 2 278 288
Putri Y A Zulyusri Z 2022 Meta Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi Bioeduca: Journal of Biology Education 4 2 1 11
Raturandang S Rompas P T D Palilingan V R 2021 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 378 387
Rijal S Bachtiar S 2015 Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa Jurnal Bioedukatika 3 2 15 20
Roring J J D Mewengkang A Liando O E S 2023 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 3 364 374
Sudjana N 2013 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo
Suprihatiningrum J 2016 Strategi Pembelajaran Jogjakarta: Ar Ruzz
Tampubolon M 2016 Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan 1 1
Tan D Mambrey P 2003 Internet Based Learning and Collaboration a Longitudinal Case Study In EdMedia Innovate Learning pp 693 697 Association for the Advancement of Computing in Education AACE
