Peningkatan Hasil Belajar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dengan Model Project Based Learning Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7655Keywords:
Pembelajaran Berbasis Project, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengungkap apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa dapat lebih responsif dan bersemangat dalam mengikuti aktivitas belajar dan mampu mengembangkan sendiri keahlian baru yang akan didapatkan melalui aktivitas belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen sedangkan desain penelitian penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group. Penelitian ini dijalankan dalam tiga fase, yaitu pre-test siswa, kegiatan belajar mengajar, dan post-test, guna mengetahui seberapa jauh pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi hasil belajar siswa. Dimana data pre-test untuk kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan mendapat nilai rata-rata 41,8 sedangkan post-test mendapat nilai 87,32. Hasil pre-test kelas kontrol rata-rata 39,82, sementara itu hasil post-test rata-rata 79,64. Dari hasil penelitian menunjukan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
References
Arend, B. D. (2007). Course assessment practices and student learning strategies in online courses. Journal of Asynchronous Learning Networks, 11(4), 3-17.
Barrett, S. (2011). Fostering Critical Thinking in Graduate Students through Internet-Based Learning. Journal of Arts Science & Technology, 4.
Hadi, I. A. (2017). Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektifitas pendidikan. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 71-92.
Mulyatiningsih, E., Santoso, D., & Usman, T. (2013). Buku Ajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Puspitasari, (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Putri, Y. A., & Zulyusri, Z. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1-11.
Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 378-387.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Roring, J. J. D., Mewengkang, A., & Liando, O. E. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(3), 364-374.
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Tampubolon, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 1(1).
Tan, D., & Mambrey, P. (2003). Internet Based Learning and Collaboration-a Longitudinal Case Study. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 693-697). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.