Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado

Authors

  • Zelita Bate’e Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Minat Belajar, Korelasional

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap minat belajar siswa di SMK N 5 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 5 Manado, dan sampel berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis yang dipakai yaitu uji regresi sederhana, korelasi sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMKN 5 Manado sebesar 52 % dan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

ABSTRACT

 This study aims to determine the influence of technology-based learning media on student learning interests at SMK N 5 Manado. This research is a quantitative study using a correlational method. The population of this study comprises all students at SMKN 5 Manado, with a sample size of 70 individuals. Data collection techniques include questionnaires, interviews, observations, and documentation. Instrument testing was conducted through validity and reliability tests. The prerequisite tests used in this study are the normality test and linearity test. Meanwhile, the hypothesis tests employed include simple regression analysis, simple correlation, t-test, and the coefficient of determination. The results of this study indicate that technology-based learning media have an impact on student learning interest at SMKN 5 Manado by 52%, with the remaining 48% influenced by variables not examined in this study.

References

Arikunto, S. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Asnawir, U. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Hamalik, O. (2002). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Mokoginta, S., Waworuntu, J., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 1-13.

Nini, S. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.

Pelealu, A., Komansilan, T., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 452-459.

Sadiman, A. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Sriyanti, L. (2009). Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN-Salatiga Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Bate’e, Z., Palilingan, V. R., & Mewengkang, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 638-648. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8635