Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado

Authors

  • Zelita Bate’e Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8635

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Minat Belajar, Korelasional

Abstract

ABSTRAK< em>< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap minat belajar siswa di SMK N 5 Manado Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 5 Manado dan sampel berjumlah 70 orang Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara observasi dan dokumentasi Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas Uji prasyarat yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji linearitas Sedangkan uji hipotesis yang dipakai yaitu uji regresi sederhana korelasi sederhana uji t dan koefisien determinasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMKN 5 Manado sebesar 52 dan sisanya 48 dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This study aims to determine the influence of technology based learning media on student learning interests at SMK N 5 Manado This research is a quantitative study using a correlational method The population of this study comprises all students at SMKN 5 Manado with a sample size of 70 individuals Data collection techniques include questionnaires interviews observations and documentation Instrument testing was conducted through validity and reliability tests The prerequisite tests used in this study are the normality test and linearity test Meanwhile the hypothesis tests employed include simple regression analysis simple correlation t test and the coefficient of determination The results of this study indicate that technology based learning media have an impact on student learning interest at SMKN 5 Manado by 52 with the remaining 48 influenced by variables not examined in this study < em>< p>

References

Arikunto S 2006 Metodologi Penelitian Yogyakarta: Bina Aksara

Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad A 2002 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arsyad A 2010 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asnawir U B 2002 Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers

Hamalik O 2002 Media Pendidikan Bandung: Alumni

Mokoginta S Waworuntu J Palilingan V R 2022 Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 1 13

Nini S 2011 Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Yogyakarta: Javalitera

Pelealu A Komansilan T Takaredase A 2021 Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 452 459

Sadiman A 2008 Media Pendidikan Jakarta: PT Grafindo Persada

Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta

Sri 2008 Media Pembelajaran Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS UNS Press

Sriyanti L 2009 Psikologi Pendidikan Salatiga: STAIN Salatiga Press

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 165 175. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8635