Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK N 5 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8635Keywords:
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Minat Belajar, KorelasionalAbstract
ABSTRAK< em>< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap minat belajar siswa di SMK N 5 Manado Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 5 Manado dan sampel berjumlah 70 orang Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara observasi dan dokumentasi Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas Uji prasyarat yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji linearitas Sedangkan uji hipotesis yang dipakai yaitu uji regresi sederhana korelasi sederhana uji t dan koefisien determinasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMKN 5 Manado sebesar 52 dan sisanya 48 dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This study aims to determine the influence of technology based learning media on student learning interests at SMK N 5 Manado This research is a quantitative study using a correlational method The population of this study comprises all students at SMKN 5 Manado with a sample size of 70 individuals Data collection techniques include questionnaires interviews observations and documentation Instrument testing was conducted through validity and reliability tests The prerequisite tests used in this study are the normality test and linearity test Meanwhile the hypothesis tests employed include simple regression analysis simple correlation t test and the coefficient of determination The results of this study indicate that technology based learning media have an impact on student learning interest at SMKN 5 Manado by 52 with the remaining 48 influenced by variables not examined in this study < em>< p>
References
Arikunto S 2006 Metodologi Penelitian Yogyakarta: Bina Aksara
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad A 2002 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arsyad A 2010 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Asnawir U B 2002 Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers
Hamalik O 2002 Media Pendidikan Bandung: Alumni
Mokoginta S Waworuntu J Palilingan V R 2022 Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 1 13
Nini S 2011 Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Yogyakarta: Javalitera
Pelealu A Komansilan T Takaredase A 2021 Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 452 459
Sadiman A 2008 Media Pendidikan Jakarta: PT Grafindo Persada
Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sri 2008 Media Pembelajaran Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS UNS Press
Sriyanti L 2009 Psikologi Pendidikan Salatiga: STAIN Salatiga Press
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
