Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Algoritma dan Pemrograman Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Model Project Based Learning, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Algoritma dan Pemrograman, Dua VariabelAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa terhadap muatan algoritma dan pemrograman siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design yaitu bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano. Dua kelas yang dipilih dengan metode purposive sampling dijadikan sampe yaitu kelas X-C dan X-H. Data penelitian diambil dan dikumpulkan dari tes awal (pre-test) sebelum dan setelah penerapan Project Based Learning atau dilaksanakan tes akhir (post-test). Kedua sampel berdistribusi normal menurut uji normalitas data Shapiro-Wilk. Berdasarkan hasil homogenitas data SPSS uji, varians untuk kedua kelompok adalah sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan statistik uji-t diperoleh t_hitung > t_tabel, karena t_hitung pada data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol jatuh dalam wilayah kritis maka Hօ ditolak dan H₁ diterima, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diberikan oleh kerangka Pembelajaran Berpusat Proyek berbeda dengan siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar Algorimta dan Pemrograman.
ABSTRACT
This research aims to determine the influence of student learning outcomes on the algorithm and programming content of class X SMA Negeri 3 Tondano students who are taught using a project-based learning approach. The research design used is Quasi-Experimental Design, namely the form of a Nonequivalent Control Group Design. The research population was all class X students at SMA Negeri 3 Tondano. Two classes selected using the purposive sampling method were used as samples, namely classes X-C and X-H. Research data was taken and collected from the initial test (pre-test) before and after implementing Project Based Learning or carrying out the final test (post-test). Both samples were normally distributed according to the Shapiro-Wilk data normality test. Based on the results of the homogeneity of the SPSS test data, the variances for the two groups are the same or homogeneous. Hypothesis testing was carried out using t-test statistics obtained t_count > t_table, because t_count in the post-test data for the experimental class and control class fell in the critical area then Hօ was rejected and H₁ was accepted, which shows that the student learning outcomes provided by the Project-Centered Learning framework are different with students taught using Problem-Based Learning. Thus, it can be concluded that the Project Based Learning learning model has a positive influence on Algorithm and Programming learning outcomes.
References
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Abdurahman, A, Siti Ghaida Sri Afira Ruhyadi, dan Misbah Binasdevi. 2022. "Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD." AL-IBANAH 7.2.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.
Anggraini, W. N, Agus Purwanto, dan Anwari Asi Nugroho. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo.” IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education 2.1 : 55-62.
Bendah, A., Sumayku, J., & Mewengkang, A. (2022). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 675-685.
Darmadji, A. (2014). Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan. EL-TARBAWI, 8(1), 13–25.
Dianawati, E. P. (2022). Project Based Learning (PjBL): Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Penerbit P4I.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02), Article 02.
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & xiv Multimedia, 1(02), 122–133.
Hasim, E. (2020). “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Hotimah, Husnul. (2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerta Pada Siswa SD Jurnal Edukasi Vol. 7, No.2
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132-`139.
Moleong, Lexy J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sesuai pembelajaran abad 21 bermuatan tri kaya parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378-385.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81–88.
Parwati Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok. PT Raja Grafindo Persada.
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Nawa Litera Publishing.
Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14514–14520.
Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 84–98.
Sella, Ayu Ningsih, Nurdin A. Rahman, dan Nurlaela M. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Konsep Gerak”, SAINTIFIK, vol. 4, no.2.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.