Pengembangan Video Pembelajaran Informatika di SMK

Authors

  • Frisco Aldo Kamagi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Video, Media Pembelajaran, Informatika,, SMK

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan video pembelajaran yang dipakai untuk mendukung kegiatan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menerapkan metode Research & Development dengan menggunakan model pengembangan Analysys Design Development Implementatition Evaluate (ADDIE). Model ini terbagi dalam lima tahapan antara lain, Analys, design, Development, Implementation. Setelah di uji validitas oleh ahli materi, ahli media, guru multimedia dan selanjutnya untuk tahap uji coba produk. Proses uji coba produk melibatkan siswa – siswi kelas 10 Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berjumlah 30 peserta, pengujian uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano. Pendekatan analisis yang di pakai adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif untuk menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian menunjukkan hasil, yaitu a) menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran informatika, b) tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media dengan skor 92 atau sangat layak, ahli materi dengan skor 92 atau sangat layak, Guru multimedia dengan skor 90 atau sangat layak serta hasil uji coba produk pada siswa memenuhi syarat sangat layak dengan nilai rata-rata 89,6 pada pembelajaran siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano.

ABSTRACT

 This research aims to create a learning video design that is used to support activities in the teaching and learning process in informatics subjects at SMK Negeri 1 Tondano. This research applies the Research & Development method using the Analysis Design Development Implementation Evaluate (ADDIE) development model. This model is divided into five stages, including, Analysis, design, Development, Implementation. After validity testing by material experts, media experts, multimedia teachers and then on to the product trial stage. The product testing process involved 30 students of class 10 Visual Communication Design (DKV), the trial testing was carried out at SMK Negeri 1 Tondano. The analytical approach used is a qualitative method and a quantitative method to assess how appropriate the resulting learning media is. The research shows the results, namely a) creating a learning video that will be used by class 10 students of SMK Negeri 1 Tondano for informatics subjects, b) the level of feasibility of the learning video based on media experts with a score of 92 or very decent, material experts with a score of 92 or very worthy, a multimedia teacher with a score of 90 or very worthy and the results of product trials on students meet the requirements of very worthy with an average score of 89.6 in class 10 student learning at SMK Negeri 1 Tondano.

References

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (1984). Computer-based instruction: Methods and development. Prentice-Hall, Inc..

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 24(4).

Ayuningrum, F. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. Universitas Negeri Yogyakarta.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Damara, M., Kustiono, K., & Sukirman, S. (2018). Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 33-40.

Howard, L., & dalam Rusman, K. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 8.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1-12.

Setyorini, I., & Sukirman, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Kasus di SMP 3 Bae Kudus. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 291-296.

Situmeang, I. V. O. (2020). Strategi Komunikasi Pemimpin Adat Bali Di Era New Normal.

Sukiman. (2012). Media Dalam Belajar. Bandung:Pustaka Belajar.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68-76.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Kamagi, F. A., Wonggo, D., & Liando, O. E. S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Informatika di SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 723-731. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8911