Pengembangan Video Pembelajaran Informatika di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8911Keywords:
Video, Media Pembelajaran, Informatika,, SMKAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan video pembelajaran yang dipakai untuk mendukung kegiatan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Tondano Penelitian ini menerapkan metode Research amp; Development dengan menggunakan model pengembangan Analysys Design Development Implementatition Evaluate ADDIE Model ini terbagi dalam lima tahapan antara lain Analys design Development Implementation Setelah di uji validitas oleh ahli materi ahli media guru multimedia dan selanjutnya untuk tahap uji coba produk Proses uji coba produk melibatkan siswa siswi kelas 10 Desain Komunikasi Visual DKV yang berjumlah 30 peserta pengujian uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano Pendekatan analisis yang di pakai adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif untuk menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan Penelitian menunjukkan hasil yaitu a menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran informatika b tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media dengan skor 92 atau sangat layak ahli materi dengan skor 92 atau sangat layak Guru multimedia dengan skor 90 atau sangat layak serta hasil uji coba produk pada siswa memenuhi syarat sangat layak dengan nilai rata rata 89 6 pada pembelajaran siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
nbsp;< em>This research aims to create a learning video design that is used to support activities in the teaching and learning process in informatics subjects at SMK Negeri 1 Tondano This research applies the Research amp; Development method using the Analysis Design Development Implementation Evaluate ADDIE development model This model is divided into five stages including Analysis design Development Implementation After validity testing by material experts media experts multimedia teachers and then on to the product trial stage The product testing process involved 30 students of class 10 Visual Communication Design DKV the trial testing was carried out at SMK Negeri 1 Tondano The analytical approach used is a qualitative method and a quantitative method to assess how appropriate the resulting learning media is The research shows the results namely a creating a learning video that will be used by class 10 students of SMK Negeri 1 Tondano for informatics subjects b the level of feasibility of the learning video based on media experts with a score of 92 or very decent material experts with a score of 92 or very worthy a multimedia teacher with a score of 90 or very worthy and the results of product trials on students meet the requirements of very worthy with an average score of 89 6 in class 10 student learning at SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>
References
Alessi S M Trollip S R 1984 Computer based instruction: Methods and development Prentice Hall Inc
Arsyad A 2013 Media pembelajaran edisi revisi Jakarta: Rajawali Pers 24 4
Ayuningrum F 2012 Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean Universitas Negeri Yogyakarta
Binanto I 2010 Multimedia digital dasar teori dan pengembangannya Penerbit Andi
Damara M Kustiono K Sukirman S 2018 Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 6 1 33 40
Howard L dalam Rusman K 2012 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada 8
Pramudito A 2013 Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 1 1 1 12
Setyorini I Sukirman S 2020 Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Kasus di SMP 3 Bae Kudus EduPsyCouns: Journal of Education Psychology and Counseling 2 1 291 296
Situmeang I V O 2020 Strategi Komunikasi Pemimpin Adat Bali Di Era New Normal
Sukiman 2012 Media Dalam Belajar Bandung:Pustaka Belajar
Utomo A Y Ratnawati D 2018 Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK Jurnal Taman Vokasi 6 1 68 76
