Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit

Authors

  • Yessi Afrilia Supit Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Informatika

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Informatika pada kelas X di SMK SMK Kristen Imanuel Laikit melalui model pembelajaran PjBL. Subjek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang akan dilakukan setelah melakukan pre-test. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa penerapan model PjBL mampu menaikkan hasil belajar Informatika siswa kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit.Yang dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar di setiap siklus. Dari yang awalnya pada pre-test hanya mendapatkan tingkat ketuntasan siswa sebesar 25,81% meningkat pada siklus I menjadi 38,71% dan kembali meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 93,55%. Oleh karenanya, penerapan model PjBL mampu menaikkan hasil belajar Informatika siswa kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit.

ABSTRACT

 This research aims to improve student learning outcomes in Informatics learning in class X at the Immanuel Laikit Christian Vocational School through the PjBL learning model. The subjects in this research were all class X students. This research was carried out in 2 cycles which would be carried out after conducting a pre-test. The results of this research show that the application of the PjBL model can increase the Informatics learning outcomes of class X students at SMK Kristen Imanuel Laikit. This is proven by the increase in learning outcomes in each cycle. Initially in the pre-test only got a student completion rate of 25.81%, it increased in cycle I to 38.71% and increased again in cycle II with a percentage of 93.55%. Therefore, the implementation of the PjBL model was able to increase learning outcomes for Informatics class X students of Immanuel Laikit Christian Vocational School.

References

Erwoko, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 7-13.

Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020: Merdeka Belajar Ditengah Pandemi Covid-19.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385-395.

Paat, W. R. L., Palilingan, V. R., & Umar, A. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 796-805.

Ritonga, I. P., & Tambak, K. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka di SMAS Umratul Hidayah. CIVITAS: Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 9(1), 13-18.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.

Sudjana N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 332-334.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyuni, M., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2022). Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2944-2950.

Watson, P. (2002). The role and integration of learning outcomes into the educational process. Active Learning in Higher Education, 3(3), 205-219.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Supit, Y. A., Sumual, H., & Liando, O. E. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 732-739. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8912