Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8912Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, InformatikaAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Informatika pada kelas X di SMK SMK Kristen Imanuel Laikit melalui model pembelajaran PjBL Subjek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang akan dilakukan setelah melakukan pre test Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa penerapan model PjBL mampu menaikkan hasil belajar Informatika siswa kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit Yang dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar di setiap siklus Dari yang awalnya pada pre test hanya mendapatkan tingkat ketuntasan siswa sebesar 25 81 meningkat pada siklus I menjadi 38 71 dan kembali meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 93 55 Oleh karenanya penerapan model PjBL mampu menaikkan hasil belajar Informatika siswa kelas X SMK Kristen Imanuel Laikit < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aims to improve student learning outcomes in Informatics learning in class X at the Immanuel Laikit Christian Vocational School through the PjBL learning model The subjects in this research were all class X students This research was carried out in 2 cycles which would be carried out after conducting a pre test The results of this research show that the application of the PjBL model can increase the Informatics learning outcomes of class X students at SMK Kristen Imanuel Laikit This is proven by the increase in learning outcomes in each cycle Initially in the pre test only got a student completion rate of 25 81 it increased in cycle I to 38 71 and increased again in cycle II with a percentage of 93 55 Therefore the implementation of the PjBL model was able to increase learning outcomes for Informatics class X students of Immanuel Laikit Christian Vocational School < em>< p>
References
Erwoko E 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science 1 1 7 13
Fathan R 2020 Hardiknas 2020: Merdeka Belajar Ditengah Pandemi Covid 19
Mulyadi E 2015 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22 4 385 395
Paat W R L Palilingan V R Umar A F 2022 Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2 6 796 805
Ritonga I P Tambak K 2023 Penerapan Kurikulum Merdeka di SMAS Umratul Hidayah CIVITAS: Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic 9 1 13 18
Santika I G N Suastra I W Arnyana I B P 2022 Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Jurnal Education and Development 10 1 207 212
Sudjana N 2014 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 332 334
Trianto 2014 Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Jakarta: PT Bumi Aksara
Wahyuni M Ananda R Fauziddin M 2022 Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 4 2944 2950
Watson P 2002 The role and integration of learning outcomes into the educational process Active Learning in Higher Education 3 3 205 219
