Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Dalam penelitian ini peneliti memberikan terapi pembelajaran langsung kepada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano, dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang mencari perbedaan antara dua kelas yang berbeda. Melaksanakan tes berupa pre-test sebelum diberikan perlakuan atau treatment dan berupa post-test setelah diberikan perlakuan atau treatment. Dan dibagi menjadi dua kelas yang berbeda, dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran proyek dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran masalah. Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menguji hipotesis yang diambil dari hasil post-test, diperoleh hasil penelitian yang berimplikasi pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Hal ini diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dimana > dengan skor 3,199 > 2,048. Dan berdasarkan signifikansi 2 digit, 0,002. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang diberikan pada kedua kelas mempunyai pengaruh. Hal ini juga didasarkan pada hasil makna yang diperoleh, dimana hasilnya danlt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan model pembelajaran yang layak berpengaruh terhadap hasil belajar. Namun hal ini tidak signifikan baik pada model pembelajaran berbasis proyek maupun model pembelajaran berbasis masalah.
ABSTRACT
In this research, the researcher provided direct learning therapy to class X students at SMA Negeri 3 Tondano, and this research used quantitative research methods and a type of experimental research that looked for differences between two different classes. Carry out tests in the form of a pre-test before being given treatment and in the form of a post-test after being given treatment. And divided into two different classes, where the experimental class uses a project learning model, and the control class uses a problem learning model. And based on the results of research carried out by testing hypotheses taken from post-test results, research results were obtained which have implications for the application of project-based learning models. This was obtained from the results of the hypothesis test carried out where > with a score of 3.199 > 2.048. And based on 2 digit significance, 0.002. Therefore, it can be concluded that the learning model given to both classes has an influence. This is also based on the meaning results obtained, where the results are; 0.05 so it can be concluded that the existence of a suitable learning model influences learning outcomes. However, this is not significant in either the project-based learning model or the problem-based learning model.
References
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.
Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134-142.
Farisi, A., & Hamid, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR.
Hermawan, D., & Prabawanto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar.
Koeswibowo, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dapat Meningkatkan Prestasi Tik Materi Menu Dan Ikon Pada Microsoft Word Pada Siswa Kelas VIII F Di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019.
Mamuaya, G., Sumual, H., & Togas, P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 350-363. doi: 10.53682/edutik.v1i4.2178
Milla Minhatul Maula, M., Jekti Prihatin, P., & Kamalia Fikri, F. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. UNEJ.
Mulyana, A. (2023). PENGERTIAN HASIL BELAJAR SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA.
Musyfika, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso (Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012).
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271
Wahyono dkk, (2021). Buku Panduan Guru Informatika untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.