Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano

Authors

  • Chensui Natania Sage Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8913

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Dalam penelitian ini peneliti memberikan terapi pembelajaran langsung kepada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang mencari perbedaan antara dua kelas yang berbeda Melaksanakan tes berupa pre test sebelum diberikan perlakuan atau treatment dan berupa post test setelah diberikan perlakuan atau treatment Dan dibagi menjadi dua kelas yang berbeda dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran proyek dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran masalah Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menguji hipotesis yang diambil dari hasil post test diperoleh hasil penelitian yang berimplikasi pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek Hal ini diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dimana gt; dengan skor 3 199 gt; 2 048 Dan berdasarkan signifikansi 2 digit 0 002 Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang diberikan pada kedua kelas mempunyai pengaruh Hal ini juga didasarkan pada hasil makna yang diperoleh dimana hasilnya danlt; 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan model pembelajaran yang layak berpengaruh terhadap hasil belajar Namun hal ini tidak signifikan baik pada model pembelajaran berbasis proyek maupun model pembelajaran berbasis masalah < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>In this research the researcher provided direct learning therapy to class X students at SMA Negeri 3 Tondano and this research used quantitative research methods and a type of experimental research that looked for differences between two different classes Carry out tests in the form of a pre test before being given treatment and in the form of a post test after being given treatment And divided into two different classes where the experimental class uses a project learning model and the control class uses a problem learning model And based on the results of research carried out by testing hypotheses taken from post test results research results were obtained which have implications for the application of project based learning models This was obtained from the results of the hypothesis test carried out where gt; with a score of 3 199 gt; 2 048 And based on 2 digit significance 0 002 Therefore it can be concluded that the learning model given to both classes has an influence This is also based on the meaning results obtained where the results are; 0 05 so it can be concluded that the existence of a suitable learning model influences learning outcomes However this is not significant in either the project based learning model or the problem based learning model < em>< p>

References

Anugraheni I 2018 Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools] Polyglot: Jurnal Ilmiah 14 1 9 18

Desnylasari E Mulyani S Mulyani B 2016 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015 2016 Jurnal Pendidikan Kimia 5 1 134 142

Farisi A Hamid A 2017 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

Hermawan D Prabawanto S 2016 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Koeswibowo S 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Dapat Meningkatkan Prestasi Tik Materi Menu Dan Ikon Pada Microsoft Word Pada Siswa Kelas VIII F Di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018 2019

Mamuaya G Sumual H Togas P 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 4 350 363 doi: 10 53682 edutik v1i4 2178

Milla Minhatul Maula M Jekti Prihatin P Kamalia Fikri F 2014 Pengaruh Model PjBL Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan UNEJ

Mulyana A 2023 PENGERTIAN HASIL BELAJAR SISWA DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Musyfika Y 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011 2012

Sofyan H Komariah K 2016 Pembelajaran problem based learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK Jurnal Pendidikan Vokasi 6 3 260 271

Wahyono dkk 2021 Buku Panduan Guru Informatika untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas SMA

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(3), 267 280. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8913