Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8968Keywords:
Model Pembelajaran Poblem Based Learning, Teknologi Layanan Jaringan, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learnig terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu quasi experimental design Peneliti mengumpulkan data yang diambil menggunakan soal tes pilihan ganda 30 nomor Selanjutnya peneliti menganalisis dan mengolah data Uji normalitas untuk kedua kelas berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk kelas post test adalah homogen Uji validitas mendapatkan 25 soal valid dan hasil dari uji reliabilitas soal adalah reliabel Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learnig terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya < em>< p>
nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aims to determine the effect of using the Problem Based Learning model on the Network Service Technology learning outcomes of class XI students at SMK Negeri 1 Mopuya This research method uses a quantitative method namely quasi quasi experimental design Researchers collected data using 30 number multiple choice test questions Next researchers analyzed and processed the data The normality test for both classes is normally distributed and the homogeneity test for the post test class is homogeneous The validity test found 25 valid questions and the results of the question reliability test were reliable The conclusion obtained is that there is an influence of the use of the Problem Based Learning model on the Network Service Technology learning outcomes of class XI TKJ students at SMK Negeri 1 Mopuya < em>< p>
References
Dakhi O 2022 Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Educativo: Jurnal Pendidikan 1 1 8 15 https: doi org 10 56248 educativo v1i1 2
Fuadah L F Pengembangan LKPD elektronik e LKPD berbasis problem based learning PBL bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Cirebon Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Yogyakarta 2021
Grant M M Tamim S R 2019 PBL in K 12 Education In M Moallem W Hung N Dabbagh Eds The Wiley Handbook of Problem Based Learning pp 221 244 USA: John Wiley Sons Inc
Handayani D Yunita A S A Eka J Saprizal H 2022 Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Chemistry Education Practice 5 1 :108 114 https:10 29303 cep v5i1 2765
Irawati I Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Dalam Studi Sosial Humaniora dan Pendidikan SHEs : Conference Series Vol 3 No 3 November 2020 :2209 2215 https: jurnal uns ac id SHES article view 57093
Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 281 294
Lilis Lismaya 2019 Berpikir Kritis PBL Problem Based Learning Surabaya : Media Sahabat Cendekia
Pauran D C Waworuntu J Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 139 150
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Saman F Palilingan V R Liando O E S 2021 Pengaruh Pemanfaatan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Instalasi Sistem Operasi Dasar Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 469 483
Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2021 Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif Alfabeta
Sujatno E L Mewengkang A Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 567 580
Taula S F H Palilingan V R Olii D 2021 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Prakarya Sma Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 164 180
Worang N A Mintjelungan M M Takaredase A 2021 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Desain Multimedia Interaktif Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 241 250
