Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • Made Kerty Yasa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Poblem Based Learning, Teknologi Layanan Jaringan, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learnig terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu quasi experimental design. Peneliti mengumpulkan data yang diambil menggunakan soal tes pilihan ganda 30 nomor. Selanjutnya peneliti menganalisis dan mengolah data. Uji normalitas untuk kedua kelas berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk kelas post-test adalah homogen. Uji validitas mendapatkan 25 soal valid dan hasil dari uji reliabilitas soal adalah reliabel. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learnig terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya.

 ABSTRACT

 This research aims to determine the effect of using the Problem-Based Learning model on the Network Service Technology learning outcomes of class XI students at SMK Negeri 1 Mopuya. This research method uses a quantitative method, namely quasi quasi-experimental design. Researchers collected data using 30 number multiple-choice test questions. Next, researchers analyzed and processed the data. The normality test for both classes is normally distributed and the homogeneity test for the post-test class is homogeneous. The validity test found 25 valid questions and the results of the question reliability test were reliable. The conclusion obtained is that there is an influence of the use of the Problem-Based Learning model on the Network Service Technology learning outcomes of class XI TKJ students at SMK Negeri 1 Mopuya.

References

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2

Fuadah, L. F. “Pengembangan LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning (PBL) bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Cirebon”. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas Islam Negeri Yogyakarta ,2021.

Grant, M. M., & Tamim, S. R. (2019). PBL in K – 12 Education. In M. Moallem, W. Hung, & N. Dabbagh(Eds.), The Wiley Handbook of Problem‐Based Learning (pp. 221–244). USA: John Wiley & Sons. Inc.

Handayani, D., Yunita, A.S.A., Eka, J., & Saprizal, H. 2022. Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Chemistry Education Practice, 5(1):108–114. https:10.29303/cep.v5i1.2765

Irawati, I. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa”. Dalam Studi Sosial, Humaniora, dan Pendidikan (SHEs): Conference Series,Vol. 3, No. 3,( November 2020) :2209-2215. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/57093

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 281-294.

Lilis Lismaya. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya : Media Sahabat Cendekia

Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 139-150.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha

Saman, F., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Instalasi Sistem Operasi Dasar Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 469-483.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Alfabeta.

Sujatno, E. L., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 567-580.

Taula, S. F. H., Palilingan, V. R., & Olii, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Prakarya Sma. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 164-180.

Worang, N. A., Mintjelungan, M. M., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Desain Multimedia Interaktif Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 241-250

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Yasa, M. K., Palilingan, V. R., & Mewengkang, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 769-777. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8968