Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas XI DKV SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Anres Mangar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8969

Keywords:

Pendidikan, Desain, Belajar, Informatika, SMK

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 3 Tondano Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas PTK Model Lewin Menurut Eliot secara garis besar memilik tahapan dalam penelitian tesersebut yaitu: perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Jumlah siswa di kelas XI SMK Negeri 3 Tondano berjumlah 15 siswa yang merupakan subjek dalam penelitian ini untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya Dapat dibuktikan dalam siklus pertama hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dari hasil pratindakan Dan pada siklus kedua meningkat hingga 100 sehingga dapat mencapai ketuntasan minimum untuk itu pada siklus kedua dinyatakan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikatakan berhasil Hasil siklus pertama presentasi nbsp; hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar 3 15 x 100 = 20 Presentasi hasil belajar siswa yang suda mencapai ketuntasan hasil belajar 12 15 x 100 = 80 Hasil siklus II Presentasi hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar 0 15 x 100 = 0 Presentasi hasil belajar siswa yang suda mencapai ketuntasan hasil belajar 15 15 x 100 = 100 Kesimpulan dari hasil siklus pertama dan ke II terlihat bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa XI DKV SMK Negeri 3 Tondano dapat meningkatkan hasil belajar siswa < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This research aims to improve student learning outcomes by using a problem based learning model in the Basic Graphic Design subject at SMK Negeri 3 Tondano This type of research uses the Lewin Model of Classroom Action Research PTK According to Eliot in general there are stages in the research namely: planning implementation observation and reflection The number of students in class XI at SMK Negeri 3 Tondano was 15 students who were the subjects of this research To collect data researchers used tests observation and documentation Research results in applying the problem based learning model to improve student learning outcomes in each cycle It can be proven that in the first cycle student learning outcomes increased to 80 of the pre action results In the second cycle it increased to 100 so that it could achieve minimum completeness for this reason in the second cycle it was stated that the application of the problem based learning model was said to be successful The results of the first cycle the presentation of learning outcomes for students who have not yet achieved complete learning outcomes are 3 15 x 100 = 20 Presentation of learning outcomes for students who have achieved complete learning outcomes 12 15 x 100 = 80 Cycle II results Presentation of learning outcomes of students who have not achieved complete learning outcomes 0 15 x 100 = 0 Presentation of learning outcomes for students who have achieved complete learning outcomes 15 15 x 100 = 100 The conclusion from the results of the first and second cycles shows that the application of the problem based learning model to improve the basic learning outcomes of graphic design for XI DKV students at SMK Negeri 3 Tondano can improve student learning outcomes < em>< p>

References

Ali M 2018 Meningkatkan Pembelajaran Chest Pass Melalui Media Simpai Dalam Permainan Bola Basket Siswa Kelas Xiips Sma Negeri 1 Kuok Tahun Ajaran 2016 2017 Jurnal Pendidikan Tambusai 2 2 533 544

Basuki F A 2000 Komunikasi Grafis untuk Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Seni Rupa dan Kriya Penerbit: Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta

Dayeni F Irawati S Yennita Y 2017 Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 1 28 35

Dimyati D 2003 Belajar dan Pembelajaran Jakarta Rineka Cipta Gordon Dryden Jeannette Vos

Djamarah S B Zain A 2010 Strategi belajar mengajar

Hadi S G 2020 Pengaruh media desain grafis berbasis adobe photoshop terhadap kreativitas belajar siswa kelas x pada mata pelajaran desain grafis Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2 2

Hopkins D 1993 Desain penelitian tindakan kelas Model Ebbut Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kunandar G P I K T 2007 Satuan Pendidikan KTSP dan sukses dalam sertifikasi Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kurnia D P 2018 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF KELOMPOK SISWA DI SMK NEGERI 3 BANDUNG Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Pemasaran 4 Doctoral dissertation FKIP UNPAS

Pribadi A AM Sardiman 2011 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Press Arikunto Suharsimi 2016 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta Aunurrahman 2012 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta J Katalogis 4 4 166 177

Setiani A 2020 Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid 19 In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Vol 3 No 1 pp 523 530

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas XI DKV SMK Negeri 3 Tondano. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(3), 305 313. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8969