Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Produk Siswa Kelas X DKV SMK N 3 Tondano

Authors

  • Cindy Marcely Maroi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8971

Keywords:

Model Problem Based Learning, hasil belajar, Desain Produk

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas PTK yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan observasi dan refleksi Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 44 dan pada siklus II 88 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Desain Produk siswa kelas X DKV SMK N 3 Tondano Berdasarkan kesimpulan peneliti dikemukakan saran bagi guru kelas diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam rangka untuk memperbaiki pembelajarn Desain Produk di SMK < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This research was carried out using the Classroom Action Research PTK method which consists of two cycles and each cycle consists of four stages namely: planning action observation and reflection The research results showed that the percentage of learning outcomes obtained by students in cycle I was 44 and in cycle II 88 Based on the results of this research it can be concluded that the application of the Problem Based Learning learning model can improve the Product Design learning outcomes of class X DKV students at SMK N 3 Tondano Based on the researchers conclusions suggestions are made that class teachers are expected to be able to apply the Problem Based Learning learning model to improve Product Design learning in vocational schools < em>< p>

References

Erlinda Y 2018 Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Jurnal Sekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 1 23 29

Fathurrohman M Sulistyorini 2015 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rinneka Cipta

Karyani S 2023 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Narratif Text melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Mataram YASIN 3 2 296 307

Lovisia E 2018 Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Science and Physics Education Journal SPEJ 2 1 1 10

Nasional I D P 2003 Undang undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Ni Luh S 2014 Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Pertunjukan

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Rusman B C A Sumantri M S Zakiah L 2023 Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Journal on Education 6 1 6027 6036

Saman F Palilingan V R Liando O E S 2021 Pengaruh Pemanfaatan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Instalasi Sistem Operasi Dasar Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 469 483

Sanjaya W 2011 Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan

Syaiful A 2018 Politik Pendidikan Islam Masa Reformasi Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan 2 1 134 154

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Produk Siswa Kelas X DKV SMK N 3 Tondano. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(3), 314 329. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8971