Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Produk Siswa Kelas X DKV SMK N 3 Tondano
Keywords:
Model Problem Based Learning, hasil belajar, Desain ProdukAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 44% dan pada siklus II 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Desain Produk siswa kelas X DKV SMK N 3 Tondano. Berdasarkan kesimpulan peneliti dikemukakan saran, bagi guru kelas diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, dalam rangka untuk memperbaiki pembelajarn Desain Produk di SMK.
ABSTRACT
This research was carried out using the Classroom Action Research (PTK) method which consists of two cycles and each cycle consists of four stages, namely: planning, action, observation, and reflection. The research results showed that the percentage of learning outcomes obtained by students in cycle I was 44% and in cycle II 88%. Based on the results of this research, it can be concluded that the application of the Problem-Based Learning learning model can improve the Product Design learning outcomes of class X DKV students at SMK N 3 Tondano. Based on the researchers' conclusions, suggestions are made that class teachers are expected to be able to apply the Problem Based Learning learning model, to improve Product Design learning in vocational schools.
References
Erlinda, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Sekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-29.
Fathurrohman M, Sulistyorini. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rinneka Cipta.
Karyani, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Narratif Text melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas VIII. A SMP Negeri 6 Mataram. YASIN, 3(2), 296-307.
Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Ni Luh, S. (2014). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Pertunjukan.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Rusman, B. C. A., Sumantri, M. S., & Zakiah, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6027-6036.
Saman, F., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Instalasi Sistem Operasi Dasar Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 469-483.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Syaiful, A. (2018). Politik Pendidikan Islam Masa Reformasi. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(1), 134-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.