Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Lerning dengan Media TPACK Siswa Kelas XI Program Multimedia di SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8972Keywords:
hasil belajar, desain grafis percetakan, project based learningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi apakah penerapan model pembelajaran project based learning dibantu media Technological Pedagogical Content Knowledge TPACK siswa Kelas XI Program Multimedia di SMK Cokroaminoto Kotamobagu Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas Classroom Action Research Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s d Desember 2022 semester ganjil tahun pelajaran 2022 2023 Subjek Penelitian siswa Kelas XI SMK Cokroaminoto Kotamobagu dengan jumlah 26 siswa PTK terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan tindakan pengamatan observasi dan refleksi Analisis data dalam penelitian ini da dua macam yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dokumentasi dan tes Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan: 1 penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media TPACK dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis siswa kelas XI Multimedia SMK Cokroaminoto Kotamobagu Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh data sebanyak 18 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai 70 sedangkan 8 siswa yang tidak tuntas nilai lt; 70 atau setara dengan 69 2 Pada siklus II dari ke 26 siswa semuanya dinyatakan tuntas dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 100 dengan nilai rata rata kelas 83 2 Jumlah nilai dari siklus I adalah 1 880 mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 290 sehingga jumlah nilai siswa menjadi 2 170 Persentase peningkatan hasil belajar siswa setara 42 3 Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media TPACK sangat efektif untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kejuruan Multimedia Siswa Kelas XI di SMK Cokroaminoto Kotamobagu < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
This research aims to find out and analyze whether the implementation of the project based learning model is assisted by Technological Pedagogical Content Knowledge TPACK media for Class XI Multimedia Program students at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu The research method uses classroom action research Classroom Action Research This research was carried out from October to December 2022 the odd semester of the 2022 2023 academic year The research subjects were Class XI students at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu with a total of 26 students PTK consists of four components namely: planning action observation observation and reflection There are two types of data analysis in this research namely quantitative descriptive and qualitative descriptive The data in this research was obtained through observation documentation and tests Based on the research results the findings obtained: 1 the application of the project based learning model with TPACK media can improve the graphic design learning outcomes of class XI Multimedia students at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu Student learning outcomes in cycle I obtained data on 18 students who achieved learning completeness with a score of 70 while 8 students did not complete it score lt; 70 or the equivalent of 69 2 In cycle II all 26 students were declared complete with the lowest score being 70 and the highest being 100 with an average class score of 83 2 The total score from cycle I was 1 880 an increase in cycle II of 290 bringing the total student score to 2 170 The percentage increase in student learning outcomes is equivalent to 42 3 The application of a project based learning model using TPACK media is very effective to improve student learning outcomes in Multimedia Vocational subjects for Class XI Students at Cokroaminoto Vocational School Kotamobagu < em>< p>
References
Arikunto S 2016 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Renika Cipta
Handayani D Yunita A S A Eka J Saprizal H 2022 Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Chemistry Education Practice 5 1 :108 114 https:10 29303 cep v5i1 2765
Kocoglu J 2016 Beginning Teacher Knowledge: Result from Self Assessed TPACK Survey Australian Educational Computing Vol 26 No 1 2011
Koehler M J Mishra P 2016 Deep Play: Developing TPACK For 21st Century Teachers International Journal for Learning Technology Vol 6 No 2
Madya S 2015 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Depdiknas
Payong R M 2016 Sertifikasi Profesi Guu Konsep Dasar Problematika dan Implementasinya Jakarta: PT Indeks
Purnawati Wilda 2020 E LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge TPACK : Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika Tarbawi: JurnalIlmu Pendidikan no 2 Desember 2020 :126 133
Rahmadi I F 2019 Technological Pedagogical Content Knowledge TPACK : Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan no 1 Maret 2019 : 65 74 http: dx doi org 10 32493 jpkn v6i1 y2019 p65 74
Rasyid H Mansur 2020 Penilaian Hasil Belajar Bandung: Wacana Prima
Sjukur S 2017 Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 2 No 3
Wena M 2016 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu tinjauan oprasional Jakarta: PT Bumi Aksara Cetakan 9
