Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Lerning dengan Media TPACK Siswa Kelas XI Program Multimedia di SMK Cokroaminoto Kotamobagu
Keywords:
hasil belajar, desain grafis percetakan, project based learningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi apakah penerapan model pembelajaran project-based learning dibantu media Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) siswa Kelas XI Program Multimedia di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s/d Desember 2022 semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Subjek Penelitian siswa Kelas XI SMK Cokroaminoto Kotamobagu dengan jumlah 26 siswa. PTK terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini da dua macam yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan: 1) penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media TPACK dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis siswa kelas XI Multimedia SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh data sebanyak 18 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≥ 70 sedangkan 8 siswa yang tidak tuntas (nilai < 70) atau setara dengan 69,2 %. Pada siklus II dari ke 26 siswa semuanya dinyatakan tuntas dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 100 dengan nilai rata-rata kelas 83. 2) Jumlah nilai dari siklus I adalah 1.880 mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 290 sehingga jumlah nilai siswa menjadi 2.170. Persentase peningkatan hasil belajar siswa setara 42 %. 3) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media TPACK sangat efektif untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kejuruan Multimedia Siswa Kelas XI di SMK Cokroaminoto Kotamobagu.
ABSTRACT
This research aims to find out and analyze whether the implementation of the project-based learning model is assisted by Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) media for Class XI Multimedia Program students at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu. The research method uses classroom action research (Classroom Action Research). This research was carried out from October to December 2022, the odd semester of the 2022/2023 academic year. The research subjects were Class XI students at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu, with a total of 26 students. PTK consists of four components, namely: planning, action, observation (observation), and reflection. There are two types of data analysis in this research, namely quantitative descriptive and qualitative descriptive. The data in this research was obtained through observation, documentation, and tests. Based on the research results, the findings obtained: 1) the application of the project-based learning model with TPACK media can improve the graphic design learning outcomes of class XI Multimedia students at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu. Student learning outcomes in cycle I obtained data on 18 students who achieved learning completeness with a score of ≥ 70 while 8 students did not complete it (score < 70) or the equivalent of 69.2%. In cycle II, all 26 students were declared complete with the lowest score being 70 and the highest being 100 with an average class score of 83. 2) The total score from cycle I was 1,880, an increase in cycle II of 290, bringing the total student score to 2,170. The percentage increase in student learning outcomes is equivalent to 42%. 3) The application of a project-based learning model using TPACK media is very effective to improve student learning outcomes in Multimedia Vocational subjects for Class XI Students at Cokroaminoto Vocational School, Kotamobagu.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Handayani, D., Yunita, A.S.A., Eka, J., & Saprizal, H. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Chemistry Education Practice, 5(1):108–114. https:10.29303/cep.v5i1.2765
Kocoglu, J. (2016). Beginning Teacher Knowledge: Result from Self-Assessed TPACK Survey. Australian Educational Computing, Vol. 26 No. 1 (2011)
Koehler, M. J., Mishra, P. (2016). Deep-Play: Developing TPACK For 21st Century Teachers, International Journal for Learning Technology,Vol. 6 No. 2
Madya, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Payong R. M. (2016). Sertifikasi Profesi Guu Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks
Purnawati, Wilda. 2020. E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi: JurnalIlmu Pendidikan, no. 2 (Desember 2020):126-133.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, no. 1 (Maret 2019): 65-74. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Rasyid, H & Mansur. (2020). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima
Sjukur, S. (2017). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 2, No. 3
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu tinjauan oprasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cetakan 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.