Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8994Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil belajar, InformatikaAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X SMA Negeri 2 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas Subjek penelitian adalah siswa kelas X B yang berjumlah 28 siswa Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi Lembar Tes dan dokumentasi Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Informatika Dapat meningkatkan Hasil belajarsiswa Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 42 85 meningkat pada siklus II sebesar 92 86 dan dapat dilihat dari lembar observasi bahwa rata rata siswa semakin aktif pada sikluske II Terbukti bahwa model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pemrograman Dasar < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
This research aims to improve learning outcomes and student activity in the Informatics subject for class X students at SMA Negeri 2 Tondano by using a problem based learning model This research is Classroom Action Research which aims to overcome existing problems in the classroom The research subjects were 28 students in class X B The research was carried out in 2 cycles and at the end of each cycle a reflection was carried out on the actions given Data collection techniques in research use observation sheets test sheets and documentation The research results show that implementing learning using the problem based learning model in Informatics subjects can improve student learning outcomes This can be seen from the student completion test results from cycle I of 42 85 an increase in cycle II of 92 86 and it can be seen from the observation sheet that on average students were more active in cycle II It is proven that the problem based learning model can improve student learning outcomes in the Basic Programming subject < em>< p>
References
Arikunto 2008 Penelitian Tindakan Kelas PT Bumi Aksara
Bagit I Sumual H Mewengkang A 2022 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 6 860 873
Barret T 2005 Understanding Pembelajaran berbasis masalah Handbook of Enquiry and Problem based Learning: Irish Case Studies and International Perspectives AISHE READINGS
BSNP 2010 Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain 2015 Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta
Kakomere N C Mewengkang Alfrina Liando O E S 2023 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 4
Kambey W M 2021 Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informas idan Komunikasi
Khodijah 2016 Psikologi Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers
Nisa A K 2015 Implementasi Model Pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma arif Wonosari Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Nur S 2016 Efektivitas Model Problem Based Learning Pbl terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat
Putra A 2017 Mengkaji Membandingkan Kurikulum 7 Negara Malaysia Singapura Cina Korea Jepang Amerika dan Finlandia Perbandingan Kurikulum 2017
Ramlawati S A 2017 Pengaruh Model PBL Pembelajaran berbasis masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Jurnal Sainsmat 6
Ramlawati dkk 2018 Pengaruh Model Pembelajaran PBL Pembelajaran berbasis masalah Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas Vll SMP Negeri 5 Pallangga Kab Gowa Jurnal IPA Terpadu 2 4
Rotty C A Komansilan Trudi Wonggo Djaffar 2023 Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 4
Rusmono 2012 Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu In Ghalia Indonesia
