Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil belajar, InformatikaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X SMA Negeri 2 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-B yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, Lembar Tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Informatika Dapat meningkatkan Hasil belajarsiswa. Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 42,85% meningkat pada siklus II sebesar 92,86% dan dapat dilihat dari lembar observasi bahwa rata-rata siswa semakin aktif pada sikluske II. Terbukti bahwa model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pemrograman Dasar.
ABSTRACT
This research aims to improve learning outcomes and student activity in the Informatics subject for class X students at SMA Negeri 2 Tondano by using a problem-based learning model. This research is Classroom Action Research which aims to overcome existing problems in the classroom. The research subjects were 28 students in class X-B. The research was carried out in 2 cycles and at the end of each cycle, a reflection was carried out on the actions given. Data collection techniques in research use observation sheets, test sheets, and documentation. The research results show that implementing learning using the problem-based learning model in Informatics subjects can improve student learning outcomes. This can be seen from the student completion test results from cycle I of 42.85%, an increase in cycle II of 92.86% and it can be seen from the observation sheet that on average students were more active in cycle II. It is proven that the problem-based learning model can improve student learning outcomes in the Basic Programming subject.
References
Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Bagit, I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(6), 860-873.
Barret, T. 2005. Understanding Pembelajaran berbasis masalah. Handbook of Enquiry and Problem-based Learning: Irish Case Studies and International Perspectives. AISHE READINGS.
BSNP, (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Kakomere, N.C., Mewengkang, Alfrina., & Liando, O.E.S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(4).
Kambey, W. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informas idan Komunikasi.
Khodijah. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nisa, A.K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Nur, S. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat.
Putra, A. (2017). Mengkaji & Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). Perbandingan Kurikulum 2017.
Ramlawati, S. A. (2017). Pengaruh Model PBL (Pembelajaran berbasis masalah) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6.
Ramlawati.dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Pembelajaran berbasis masalah) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas Vll SMP Negeri 5 Pallangga Kab.Gowa. Jurnal IPA Terpadu, 2, 4.
Rotty, C.A., Komansilan, Trudi., & Wonggo, Djaffar. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(4).
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. In Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.