Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8995Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual pada kelas X DKV di SMK Citra Bangsa Jakarta menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek PjBL Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kuantitatif Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta Pengumpulan data dilakukan melalui Pre Test siklus I dan siklus II yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta Pada Pre Test nilai rata rata siswa sebesar 72 dengan tingkat ketuntasan sebesar 47 sedangkan pada siklus 1 nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75 dengan tingkat ketuntasan sebesar 60 Pada siklus 2 nilai rata rata siswa semakin meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan sebesar 87 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Citra Bangsa Jakarta Dalam penelitian tindakan kelas ini guru berperan aktif dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sehingga dapat memperoleh umpan balik yang berguna dalam perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang Oleh karena itu disarankan agar guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek pjbl secara konsisten dan terstruktur serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This classroom action research aims to improve student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV at SMK Citra Bangsa Jakarta using the Project Based Learning PjBL model This research was carried out in two cycles with a quantitative approach The research subjects were all class X DKV students at SMK Citra Bangsa Jakarta Data collection was carried out through pre test cycle I and cycle II which were then analyzed using descriptive statistics The results of the research show that the use of the PjBL model is effective in improving student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta In the pre test the students average score was 72 with a completion level of 47 while in cycle 1 the students average score increased to 75 with a completion level of 60 In cycle 2 the average student score increased to 85 with a completion rate of 87 From the research results it can be concluded that the use of the PjBL model can improve student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta In this classroom action research teachers play an active role in planning implementing and evaluating learning so that they can obtain useful feedback in improving learning in the future Therefore it is recommended that teachers implement the project based learning model PJBL in a consistent and structured manner and involve students actively in the learning process to improve learning outcomes and student learning experiences in the future < em>< p>
References
Adnan G Latief M A 2020 Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas
Ananda W Maemonah M 2022 Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Pertama EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4 5 6564 6575
Arikunto S 2021 Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi Bumi Aksara 2021
Astuti W and Wijaya A 2020 Learning trajectory berbasis proyek pada materi definisi himpunan Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7 2 pp 254 266
Atisah Sipahelut and Petrussumadi Dasar Dasar Desain Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2018: 51 60
Bagit I Sumual H Mewengkang A 2022 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 6 860 873
Bernard Martin dkk 2018 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif 1 3 335 360 Diakses pada 12 September 2020
Bloom Benyamin 2020 Psikologi Pendidikan Jakarta
Dewi S 2023 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3 2 204 215
Ginanjar H Septiana T Ginanjar D Agustin S 2021 Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor faktor Kunci dalam Proses Pembelajaran Jurnal Pendidikan Tambusai 5 2
Hosnan 2019 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang Jurnal Profit 2 3
Trisna G A P S Wahyudin D Rusman R Riyana C 2022 Heutagogy as Alternative Approach for Learning at Elementary School in the Era of Industrial Revolution 4 0 Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran 8 2 480 490
