Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta

Authors

  • Jhon Marcel Rudi Heydemans Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Kebri Kein Mopudy Pajung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual pada kelas X DKV di SMK Citra Bangsa Jakarta menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre Test, siklus I, dan siklus II, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta. Pada Pre Test, nilai rata-rata siswa sebesar 72 dengan tingkat ketuntasan sebesar 47%, sedangkan pada siklus 1 nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75 dengan tingkat ketuntasan sebesar 60%. Pada siklus 2, nilai rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan sebesar 87%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK         Citra Bangsa Jakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini, guru berperan aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, sehingga dapat memperoleh umpan balik yang berguna dalam perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek (pjbl) secara konsisten dan terstruktur, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang.

ABSTRACT

 This classroom action research aims to improve student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV at SMK Citra Bangsa Jakarta using the Project Based Learning (PjBL) model. This research was carried out in two cycles with a quantitative approach. The research subjects were all class X DKV students at SMK Citra Bangsa Jakarta. Data collection was carried out through pre-test, cycle I, and cycle II, which were then analyzed using descriptive statistics. The results of the research show that the use of the PjBL model is effective in improving student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta. In the pre-test, the students' average score was 72 with a completion level of 47%, while in cycle 1 the students' average score increased to 75 with a completion level of 60%. In cycle 2, the average student score increased to 85 with a completion rate of 87%. From the research results, it can be concluded that the use of the PjBL model can improve student learning outcomes in the Basics of Visual Communication Design subject in class X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta. In this classroom action research, teachers play an active role in planning, implementing, and evaluating learning, so that they can obtain useful feedback in improving learning in the future. Therefore, it is recommended that teachers implement the project-based learning model (PJBL) in a consistent and structured manner, and involve students actively in the learning process, to improve learning outcomes and student learning experiences in the future.

References

Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Ananda, W., & Maemonah, M. (2022). Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6564-6575.

Arikunto, S. (2021), Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2021.

Astuti, W. and Wijaya, A., 2020. Learning trajectory berbasis proyek pada materi definisi himpunan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), pp.254-266.

Atisah, Sipahelut, and Petrussumadi. "Dasar Dasar Desain." (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) 2018: 51-60.

Bagit, .I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022).Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 (6), 860-873.

Bernard, Martin. dkk. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(3), 335-360. Diakses pada 12 September 2020.

Bloom. Benyamin. 2020. Psikologi Pendidikan. Jakarta

Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3 (2), 204–215.

Ginanjar, H., Septiana, T., Ginanjar, D., & Agustin, S. (2021). Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-faktor Kunci dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Hosnan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 2-3.

Trisna, G. A. P. S., Wahyudin, D., Rusman, R., & Riyana, C. (2022). Heutagogy as Alternative Approach for Learning at Elementary School in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(2), 480-490.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Heydemans, J. M. R., Palilingan, V. R., & Pajung, K. K. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Citra Bangsa Jakarta. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 841-853. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8995