Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Kristen Tombatu

Authors

  • Wilhelmina Esserey Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Kebri Pajung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Fasilitas Belajar, Motivasi, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kalas X TJK, X Asisten keperawatan X AKL dan X ATPH (30 responden). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=80,501 + 0,007x1 + 0,048x2. Dimana fasilitas belajar dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Kristen Tombatu. Dari hasil korelasi menunjukan nilai r =0,241 membuktikan bahwa pengaruh antara fasilitas belajar dan motivasi terhadap preatasi belajar tergolong kuat. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 4.296 > Ftabel =3,35. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada fasilitas belajar dan motivasi terhadap preatasi belajar siswa kelas X di SNK Kristen Tombatu. Pengaruh fasilitas belajar (x1) dan Motivasi (x2) siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 24% sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi berpengaruh terdadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Kristen Tombatu baik secara simultan maupun parsial.

ABSTRACT

 This research aimed to determine whether or not there was an influence of learning facilities and motivation on the learning achievement of students in class X TJK, X Nursing Assistant, X AKL, and X ATPH (30 respondents). The results of this research show that the multiple linear regression analysis obtained the equation Y=80.501 + 0.007x1 + 0.048x2. Where learning facilities and motivation influence the learning achievement of class X students at Tombatu Christian Vocational School. The correlation results show a value of r = 0.241, proving that the influence of learning facilities and motivation on learning achievement is relatively strong. Then for the F test, Fcount = 4,296 > Ftable = 3.35. The results obtained state that there is a significant influence on learning facilities and motivation on the learning achievement of class X students at SNK Kristen Tombatu. The influence of learning facilities (x1) and student motivation (x2) influences learning achievement (Y) by 24%, the remainder is influenced by other factors. This research concludes that learning facilities and motivation influence the learning achievement of class X students at Tombatu Christian Vocational School, both simultaneously and partially.

References

Anggraini, C., & Imaniyati, N. (2018). Fasilitas Belajar Dan Manajemen Kelas Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 2016–2213.

Budiono, B. (2016). Pengaruh Motivasi, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Siswa Kelas. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 7(01), 52–56.

Chyntia, Camellia Lela. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. (2011). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Isnaini, M., Wardani, D. K., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Komptensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.

Kasiono, Anuar dan. (2018).Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education 2 (April): 13–25.

Nasution, H. F. (2015). Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian. 59–75.

Rivaldo, Y. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kebiasaan Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada STKIP PGRI Sumbar. Padang : E-Journal.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. GCOUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–14

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82.

Syafi'i, Tri Marfianto, and Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Fakto Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Widi, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic, 8(1), 27–34.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Esserey, W., Paat, W. R. L., & Pajung, K. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Kristen Tombatu. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 854-863. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8996