Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Kristen Tombatu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8996Keywords:
Fasilitas Belajar, Motivasi, Prestasi BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kalas X TJK X Asisten keperawatan X AKL dan X ATPH 30 responden Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=80 501 0 007x1 0 048x2 Dimana fasilitas belajar dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Kristen Tombatu Dari hasil korelasi menunjukan nilai r =0 241 membuktikan bahwa pengaruh antara fasilitas belajar dan motivasi terhadap preatasi belajar tergolong kuat Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 4 296 gt; Ftabel =3 35 Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada fasilitas belajar dan motivasi terhadap preatasi belajar siswa kelas X di SNK Kristen Tombatu Pengaruh fasilitas belajar x1 dan Motivasi x2 siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar Y sebesar 24 sisanya dipengaruhi oleh factor lain Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi berpengaruh terdadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Kristen Tombatu baik secara simultan maupun parsial < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aimed to determine whether or not there was an influence of learning facilities and motivation on the learning achievement of students in class X TJK X Nursing Assistant X AKL and X ATPH 30 respondents The results of this research show that the multiple linear regression analysis obtained the equation Y=80 501 0 007x1 0 048x2 Where learning facilities and motivation influence the learning achievement of class X students at Tombatu Christian Vocational School The correlation results show a value of r = 0 241 proving that the influence of learning facilities and motivation on learning achievement is relatively strong Then for the F test Fcount = 4 296 gt; Ftable = 3 35 The results obtained state that there is a significant influence on learning facilities and motivation on the learning achievement of class X students at SNK Kristen Tombatu The influence of learning facilities x1 and student motivation x2 influences learning achievement Y by 24 the remainder is influenced by other factors This research concludes that learning facilities and motivation influence the learning achievement of class X students at Tombatu Christian Vocational School both simultaneously and partially < em>< p>
References
Anggraini C Imaniyati N 2018 Fasilitas Belajar Dan Manajemen Kelas Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 2 2016 2213
Budiono B 2016 Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Siswa Kelas Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo 7 01 52 56
Chyntia Camellia Lela 2016 Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015 2016 Surakarta Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi
Dalyono 2012 Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Gie The Liang 2011 Cara Belajar yang Efisien Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Isnaini M Wardani D K Noviani L 2015 Pengaruh Komptensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS
Kasiono Anuar dan 2018 Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 11 Kota Jambi Scientific Journals of Economic Education 2 April : 13 25
Nasution H F 2015 Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian 59 75
Rivaldo Y 2017 Pengaruh Fasilitas Belajar Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada STKIP PGRI Sumbar Padang : E Journal
Slameto 2013 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta
Suharni Purwanti 2018 Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa GCOUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3 1 131 14
Suprihatin S 2015 Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Ekonomi 3 1 73 82
Syafi i Tri Marfianto and Siti Kholidatur Rodiyah 2018 Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Fakto Yang Mempengaruhi Jurnal Komunikasi Pendidikan
Widi R 2011 Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi Stomatognatic 8 1 27 34
